You Are Here Home » Guest Post » Mengatasi Karang Gigi Secara Alami

Mengatasi Karang Gigi Secara Alami

Tidak ada yang menginginkan gigi berwarna coklat atau kuning. Oleh karena itu, baca cara mengatasi karang gigi secara alami dengan panduan berikut ini.

mengatasi karang gigi

Sebenarnya ada banyak metode pemutihan gigi termasuk salah satunya menggunakan produk pemutih.

Tetapi banyak orang yang tidak suka menggunakan bahan kimia yang kuat dan berpotensi berbahaya. Selain harga yang ditawarkanpun terbilang cukup mahal.

Alih-alih mendapat gigi yang sehat. Karena apabila salah memilih produk dapat berakibat rusaknya enamel gigi atau lapisan pelindung gigi.

Namun kini kalian tidak perlu khawatir, karena dengan metode terbukti efektif, aman dan tentunya alami. Penumpukan karang gigi bukan menjadi ancaman lagi untuk kesehatan mulut kita.

Mengatasi Karang Gigi

Sebelum itu, yuk cari tahu apa itu karang gigi untuk mempermudah pehamanan kita nantinya.

Karang Gigi adalah ?

Karang gigi adalah endapan kalsifikasi keras yang membentuk dan melapisi gigi dan gusi. Ini terbentuk ketika bakteri yang ada secara alami dimulut, bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan yang akhirnya menimbulkan plak.

Ketika plak dibiarkan tanpa perawatan, kemudian plak tersebut kan mengeras dan berubah warna, hingga akhirnya membentuk karang gigi.

Karang gigi dapat berakibat buruk untuk gigi dan gusi. Hal ini tidak hanya sedap dipandang, namun juga menyebabkan kerusakan gigi dengan membangun dan menumbuhkan bakteri.

Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk menghilangkan karang gigi di rumah. Melawan karang gigi yang telah terbentuk ini semuanya alami dan mudah dilakukan dirumah dengan bahan yang sudah banyak tersedia dipasaran.

  1. Menggunakan Baking Soda

    Cara yang cukup ampuh melawan karang gigi pertama adalah menggosok gigi menggunakan baking soda. kemudian biarkan setidaknya 15 menit sebelum berkumur.

    Meskipun tidak terasa enak, namun soda kue dapat menetralkan asam berbahaya dari hal-hal seperti soda dan makanan, sekaligus membunuh bakteri dan memutihkan gigi secara alami.

  2. Menggunakan Cuka Putih

    Metoda lainnya adalah menggunakan cuka putih. Cara ini terbilang ampuh, dimulai dengan mencampur cuka dalam segelas air garam hangat.

    Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya sekali sehari. Dengan rutinitas ini, akan membantu menghilangkan karang gigi yang terbentuk di sela-sela gigi dan gusi.

    Untuk takarannya cukup menambahkan 2 sendok makan cuka kedalam secangkir air garam hangat.

  3. Menggunakan Kulit Jeruk

    Ini sangat mudah dilakukan, terlebih apabila kalian sering makan buah jeruk.

    Cara kerjanya cukup gunakan bagian dalam kulit jeruk dan menggosoknya disepanjang gigi dan area gusi.

    Atau gunakan cara lain seperti membuat pasta gigi dari bagian dalam kulit jeruk yang dihaluskan.

    Sifat Vitamin C dan antimikroba dari kulit jeruk dapat menembus lapisan karang gigi dan plak, serta membunuh pertumbuhan mikroba pada gigi.

Cara Mencegah Plak

Tentu solusi utama terbaik dari karang gigi adalah mencegah tumbuhnya plak, atau menghentikannya sebelum dimulai.

Ini dapat dilakukan dengan menyikat gigi dua kali sehari setidaknya selama 2 menit. Pastikan untuk menyikat setiap sisi gigi sepenuhnya, Dan ini tidak boleh diabaikan.

Menghindari cemilan atau minuman manis juga salah satu kunci mencegah timbulnya plak. Karena gula dalam makanan dapat membantu plak mengembangkan lapisan lengket yang melapisi gigi.

Gula juga merupakan sumber makanan bagi mikroba untuk berkembang biak, yang kemudian menyebabkan bau mulut dan infeksi.

Sebagai referensi, gunakan panduan berikut ini terkait cara menghilangkan bau mulut permanen alami

Dan untuk mengatasi karang gigi secara alami, kalian dapat menggunakan cara diatas yang sudah terbukti aman, efektif, serta alami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *