You Are Here Home » Bayi Newborn » Waktu Yang Tepat Untuk Bayi Tidur Dengan Bantal

Waktu Yang Tepat Untuk Bayi Tidur Dengan Bantal

Bayi yang mungil dan lucu adalah dambaan hatimu, apalagi ketika bayimu terlelap tidur terlihat sangat manis. Kita tidak boleh sembarangan menidurkan bayi, kapan waktu yang tepat untuk bayi tidur dengan bantal dan selimut seperti kita.

Keinginan kita untuk memberikan kenyamanan kepada bayi, sering kali disalah artikan dengan tindakan yang belum diperbolehkan. Bantal yang empuk dan selimut yang tebal faktanya dapat menjadi ancaman kesehatan bagi bayi

Bayi dapat memakai bantal dan selimut diwaktu yang tepat sesuai dengan usia mereka. Meskipun bayi terlihat menyedihkan karena tidur tanpa bantal namun penting bagi kita untuk memahami semua risiko dan apa yang dapat kita lakukan agar bayi nyaman dan aman.

Kita perlu menunggu waktu yang teoat untuk memperkenalkan bantal ke dalam tidur mereka, seperti perlukah bantal anti peyang untuk bayi?, semua akan terjawab di artikel ini yang saya kutip dari Healthline

Kapan Bayi Dapat Tidur Dengan Bantal

Bantal bayi akan aman digunakan ketika bayi mencapai usia yang tepat. Bahkan penggunaan bayi anti peyang pada bayi baru lahir juga dapat membahayakan mereka, karena kita tidak bisa seenantiasa mengawasi bayi kita sepanjang malam.

The Cosnsumer Product Safety Commission merekomendasikan agar kita menunggu bayi kita usia 1 1/2 tahun atau 18 bulan untuk dapat memperkenalkan bantal kepada merka.Rekomendasi ini berdasarkan para ahli di bidang Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS) dan Sudden Unexplained Death in Childhood (SUDC).

SIDS adalah istilah yang digunakan untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 12 Bulan, sedangkan SUDC dipakai untuk usia bayi diatas 1 tahun. Meski bayi yang berusia diatas satu tahun terlihat lebih aman akan hal ini, namun ini masih menjadi perhatian khusus.

Bantal yang digunakan saat tidur oleh bayi yang berumur 18 bulan, ini harus diperhatikan pula bagaimana dia tidur, karena benda benda ditempat tidur mereka dapat menimbukan sesak nafas.

Jadi meskipun bantal aman dan nyaman buat kita orang dewasa, ini tidak berlaku untuk bayi kita. Usia yang disarankan untuk pengenalan bantal yaitu sekitar waktu yang sama dengan anak anak yang dapat beralih tidur di ranjang, tidak lagi di box bayi.

Perhatikan dengan baik kebiasaan tidur bayi anda, kapan dia dapat dialihkan ke ranjang tidur ataupun di kasur lantai. Pengujian dan observasi sangat penting bagimu untuk mengetahui waktu optimal untuk memberikan bantal kepada bayimu.

Ada perbedaan besar antara bayi baru lahir dengan bayi yang sudah berusia beberapa bulan dimana dia sudah bisa berpindah posisi dan memegang bantal, ini yang berbahaya.

Tips Tidur Yang Aman Untuk Balita

Bayi yang sudah menginjak usia diatas 18 bulan dikatakan sebagai balita (bawah lima tahun), ketika bayimu telah mencapai usia ini perhatikan tips berikut agar bayimu menjadi aman dan nyaman.

1. Pilih bantal yang tepat

Hal pertama yang diperhatikan adalah bantal. Temukan bantal yang tepat untuk menambah kenyamanan dan pastinya aman untuk balitamu. Hindarilah bantal yang berukuran terlalu besar, ini dapat mengurangi risiko kematian pada bayi saat tidur.

Pilih bantal yang terbuat dari kapas ataupun drakon lembut, sehingga empuk dan nyaman dipakai. Jika bayimu memiliki riwayat alergi, maka pastikan bantal tersebut tidak menimbulkan reaksi apapun, bantal bahan hipoalergenik dapat mengurangi risiko tersebut.

2. Posisi Tidur

Posisi yang paling aman untuk bayi adalah tidur dengan terlentang. Meski seringkali mereka akan merubah posisi mereka menjadi miring atau tengkurap tetap pastikan bahwa hidungnya tidak tertutup.

Karena apabila hidung tertutup bantal atau selimut atau apapun itu, ini akan membahayakan karena mengakibatkan gangguan pada pernafasannya.

3. Tempat Tidur

Meskipun diawal kelahiran bayi tidak boleh berbagi tidur dengan bayi, para ahli merekomendasikan agar kamu meletakkan box bayi sekamar denganmu selama 6 bulan kelahirannya. Ini digunakan untuk menurunkan risiko SIDS.

Terkadang banyak diantara kita berbagi tidur dengan bayi hingga usia 1 tahun, namun ini membuat transisi yang sulit agar bayi dapat tidur dikamarnya sendiri di masa balita.

4. Seprei

Barang barang yang tidak perlu, meskipun hanya seprei ini juga perlu kamu petimbangkan. Bayi dapat dengan sengaja menarik seperai ini untuk menutup wajahnya sehingga ini akan berbahaya.

Pilih dan pastikan semua hal yang aman dan nyaman untuk buah hait kita. penggunaan bantal pada bayi dapat mengakibatkan kepalanya menjadi lebih menekuk dan menimbulkan risiko bagi mereka.

Bagi kamu yang sering menyusui bayi dengan posisi tidur, kamu juga perlu berhati hati karena ini dapat berakibat fatal ketika bayimu tertindih. Jadilah ibu yang cerdas dan bijak untuk anak anak kita.

Memilih waktu yang tepat untuk bayi tidur dengan bantal merupakan bentuk perawatan dasar bagi bayi, sebagai orang tua tentu kita ingin terus mendampingi tumbuh dan kembang anak kita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *