Tips Membeli Rumah KPR Pertama Kalinya

Ketika kita memutuskan untuk berumah tangga, pasti yang terbesit di benak kita adalah ingin memiliki sebuah rumah. Karena rumah adalah kebutuhan primer manusia, sudah sewajarnya kamu harus mempertimbangkan banyak hal, maka tips membeli rumah KPR ini sangat penting untuk disimak.

Membeli rumah adalah hal yang mengasyikkan dengan melihat banyak penawaran yang muncul, terlebih ini adalah sebuah mimpi membeli rumah yang akan segera terwujud.

Tips Membeli Rumah KPR

Kamu perlu bersabar dan tidak terlalu terburu buru.

Banyak yang perlu di perhatikan sebelum kamu membelinya, bicarakan hal ini kepada keluarga terdekat terlebih pasanganmu.

Catatlah hal terpenting yang harus diperhatikan di buku notesmu agar tidak ada satupun poin yang terlewat.

Tips Membeli Rumah

Keuangan menjadi faktor dasar sebelum kamu memutuskan membeli rumah idaman. Jangan sampai kamu menyesal telah membeli rumah yang tidak sesuai dengan keinginanmu.

Namun tidak hanya itu, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan juga.

Berikut hal yang perlu di perhatikan sebelum membeli rumah yang saya kutip dari bobvila.com antara lain :

Kualitas Rumah

Jangan melebihkan kemampuanmu, tentukan apakah rumah yang kamu beli membutuhkan renovasi atau perbaikan. Kemudian jika benar perlu di renovasi pikirkan kembali apakah kamu mampu melakukannya, karena biaya beli rumah akan menjadi bertambah dengan adanya renovasi.

Terkadang kita perlu mempertimbangkan untuk menambah kamar atau ruangan ekstra untuk menampung barang barang yang kita miliki, atau bahkan kamar untuk anak anak kita kelak.

Cara lain adalah dengan memanfaatkan ruangan yang sudah ada dengan mengalihfungsikan kamar tersebut. Jadi pastikan jumlah ruang yang tersedia cukup untuk kebutuhanmu.

Jangan melebiihkan potensiyang ada, artinya cari tahu apakah renovasi tersebut sepadan dengan waktu dan biayanya. Nilai beli rumah akan semakin meningkat dengan di tambah biaya renovasi yang tinggi, ini bukan investasi yang menguntungkan buatmu.

Perhatikan area dapur, tidak seperti kamar lain di rumah, dapur ini wajib ada di setiap rumah. Karena kita tidak bisa mengalihfungsikan ruang yang lain untuk dapur ini. Terlebih bagi kalian yang barusaja menikah, jika hanya menambah sebuah meja atau kursi baru terlihat mudah saja melakukannya.

Namun ini berbeda dari membangun atau melakukan renovasi besar besaran untuk dapur tersebut. Kamu perlu mempertimbangkannya kembali, apakah keluargamu setuju dengan hal ini. Atau lebih baik jika merenovasi dapur dengan cara bertahap sehingga keuangan tidak akan terganggu.

Selidiki kualitas rumah dengan memperhatikan instalasi listrik yang terpasang, karena kebanyakan pembeli cenderung di rayu dan tertipu dengan penampilan rumah yang cantik dan bersih.

Dengan menambah kabel telepon atau jack kabel tentu akan merogoh kantongmu dan menambah biaya beli rumah.

Banyak hal hal kecil yang terlewat sat kamu membeli rumah, seperti jendel yang sudah tua, pintu kamar mandi yang lengkap dnegan kunci dan sebagainya.

Jadi jangan hanya membayangkan sofa yang terlihat cantik dan bagus terpasang dirumah namun kamu perlu berjalan untuk menemukan dan memaatikan semua dalam kondisi baik.

Anggaplah kamu sudah tinggal di sana, jadi dengan cara menggunakan fasilitas yang ada. Masuklah kedalam semua bagian dari rumah itu, menyalakan lampu, menyiram toilet, menaiki tangga , memastikan aliran air di kran dan bayangkan semua hal yang akan kamu lakukan jika kamu tinggal di sana mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Cobalah untuk menggunakanfasilitas dapur serta parkirkan mobilmu di garasi. Hal hal kecil cenderung di lewatkan oleh pembeli ini yang akan membuatmu kesal setiap hari jika kamu tidak mengeceknya.

Ajaklah seorang tukang atau orang yang ahli di bidang pembangunan rumah saat kamu ingin membelinya.

Untuk membantumu mengecek kualitas dari pondasi rumah tersebut, hingga semua jenis kayu atau penyekat yang di gunakan.

Pemeriksaan yang di lakukan ini akan memberikan penjelasan untuk mudan memberimu kesempatan untuk menegoisasikan ulang harga dari rumah tersebut.

Perhatikan pula lantai atap dari rumah tersebut, banyak pembeli yang kurang memperhatikan ini sehingga belum lama mendiami rumah sudah terlihat kebocoran dari atap rumah atau rembesan air yang muncula sevara tiba tiba.

Tanyakan kepada penjual saat ini tentang jumlah dair tagihan listrik selama sebulan, karena ini adalah cara termudah untuk dapat memeriksa penggunaan energi rumah.

Kamu bisa memutuskan untuk menghemat energi dengan melihat kapasitas energi listrik yang tersedia di rumah tersebut.

Pikirkan jangka panjang, kita berpikir aan mendiami rumah tersebut seumur hidup kita.

Dengan istri tercinta serta anak anak kita kelak, jadi penting untuk memikirkan jenis tangga yang tersedia dirumah apakah aman untuk anak anak kita atau kita dengan usia yang sudah tua.

Bagaimana cara kita menyesuaikan rumah dengan seiring bertambahnya usia.

Ukuran Dan Penyimpanan

Rumah itu harus cukup besar untuk hal yang tak terduga, dengan jumlah dan luas ruangan yang tersedia. JIka sekarang kamu pasangan dengan memiliki satu anak mungkin cukup dengan adanya dua kamar tidur, namun jika kamu berkeinginan menambah satu anak lagi tentu ini tidak akan cukup.

JIka kamu sudah memiliki beberapa furniture rumah, pastikan furniture yang kamu miliki saat ini cukup untuk di tempatkan disana. GUnakan meteran atau alat pemgukur lainnya untuk memastikan apakah ruangan cukup luas untuk hal ini.

Jangan lupakan juga akebutuhan non furmiture, karena kehabsian ruang penyimpanan adalah salah satu alasan orang membeli rumah baru.

Memiliki gudang yang cukup luas untuk perlengkapan yang sudah kamu punya akan memudahkanmu melakukan banyak hal di sini.

Hitung jumlah lemari dapur, terutama bagi kamu yang sudah memiliki koleksi perabot rumah tangga. Pastikan lemari dapur cukup untuk menyimpan panci, wajan, porselen ,gelas dan piring kesayanganmu. Karena ini menjadi penting maka kamu perlu meperhatikan dengan baik.

Pikirkan bagaimana semua ruangan akan berfungsi dengan baik, ruang keluarga menjadi favorit untuk berkumpul sehingga mampu menampung semua anggota keluarga.

Kedua adalah dapur, pastikan cukup ruang untuk lebih dari satu orang, karena memasak adalah hal mengasyikkan jika di lakukan bersama sama.

Besarnya ruang garasi, ini menjadi pentin guntuk menyimpan kendaraan yangs udah kamu miliki. Cukup luas dan mampu menampung koleksi motor dan mobilmu.

Lingkungan

tips membeli rumah yang terakhir adalah Tetapkan prioritas apa yang harus berada di dekat rumah, tidak teralu jauh dari jalan utama dan tidak terpencil.

Sehnigga akses jalan menjadi mudah dan nyaman. Atau kamu lebih memilih hunian yang sepi dan damai seperti di pinggiran kota.

Seperti tinggal di pusat kota akan memudahkanmu untuk pergi ke tempat penting di kota tersebut. Pilih lokasi yang dekat dengan tempat ibadah, sekolah, serta tempat kerjamu.

Sehingga kamu tidak kesulitan untuk berkendara jauh untuk menuju tempat tersebut.

Perhatikan lingkungan sekitar serta kebiasaannya, melihat tetangga dan berbagai komunitas yang terbentuk di sana akan berpengaruh terhadap kehidupanmu untuk beberapa tahun kedepan.

Luangkan waktu untuk mempelajari apakah lingkungan tersebut cocok dnegan kepribadianmu atau pastikan kamu dapat menyesuaikan diri dengan baik di sana.

Membeli rumah bisa dilakukan dengan banyak cara antara lain melalui agen, atau langsung dari pemilik rumah.

namun apabila kamu tidak mempunyai cukup tabungan, dan berencana kredit rumah. Gunakan simulasi kpr berikut ini untuk menghitung besarnya angsuran yang harus kamu bayar.

Pastikan pula harga dari rumah mempu dan sesuai dengan haranmu, sekarang banyak situs atau aplikasi jual beli rumah yang dapat membantumu mewujudkan mimpimu untuk membeli rumah.

Dengan memperhatikan tips membeli rumah pertama akan memudahkanmu mempertimbangkan hal hal penting sebelum kamu memutuskan untuk mmebelinya. Jadilah pembeli yang bijak dan teliti terhadap apa yang akan kamu beli.