Cara Mengatasi Keluhan Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

Bagaimana cara mengatasi keluhan bayi yang baru tumbuh gigi agar mereka tidak mudah rewel, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tumbuh gigi adalah proses yang normal dialami oleh bayi, beberapa diantaranya dikarenakan gigi mereka yang patah atau baru tumbuh pertama kali.

Menurut Asosisasi Dokter Amerika, bayi mulai tumbuh gigi saat berusia 6 samapi dengan 12 bulan. Pada saat mereka berusia 3 tahun, dia akan memiliki 20 gigi pertama.

Cara Mengatasi Keluhan Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

Pada kasus lain, ada bayi 3 bulan tumbuh gigi, ini masih hal yang wajar bergantung pada kalsium yang ibu konsumsi ketika hamil, karena struktur gusi ini telah terbentuk jauh didalam perut ibu saat mengandung.

Setelah memiliki gigi ini berarti bayi diperbolehkan makan dengan banyak variasi. Namun bagaimana mengatasi demam bayi tumbuh gigi yang mengakibatkan sulit makan dan membuat orang tua merasa khawatir.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bayi menjadi nyaman selama proses tersebut, dengan memperhatikan faktor penyebab keluhan bayi yang sedang tumbuh gigi berikut yang saya kutip dari healthline.com

Mengatasi Keluhan Ketika Bayi Baru Tumbuh Gigi

Pada dasarnya kita perlu memperhatikan banyak faktor terkait bayi yang baru tumbuh gigi agar dapat mengatasi keluhan keluhan yang dialami bayi maupun ibu.

Adapun beberapa faktor yang diperhatikan antara lain :

1. Memahami alasan bayi tumbuh gigi

Bayi terlahir dengan gigi lengkap yang tersembunyi dibawah gusi mereka, selama setahun kehidupan barulah gigi gigi tersebut mulai menembus gusi.

Gigi yang akan menembus gusi ini akna bertahap, biasanya gigi depan bagian bawah disebut juga gigi pasak akan tumbuh pertama kali, diikuti oleh gigi tengah atas, dan sisanya akan menyusul bertahap selama 3 tahun.

Beberapa anak ada yang mempunyai gigi lengkap saat usianya baru 2 tahun, ini berbeda beda tidak harus sama tiap anak.

2. Gejala yang berhubungan dengan tumbuh gigi

Setiap bayi memiliki gejala yang berbeda beda ketika dia mulai tumbuh gigi. Gejala yang paling umum adalah iritabilitas ringan dan kurangnya nafsu makan.

Kebanyakan bayi mengalami kesakitan saat gigi mereka mulai menembus gusi. Gejala tersebut diantaranya :
  • air liur yang bertambah tidak seperti biasanya

  • suka mengunyah benda padat

  • mudah rewel dan sulit ditenangkan

  • kehilangan selera makan

  • sakit di gusi ketika tersentuh

  • gusi menjadi merah dan bengkak

3. Cara mengatasi nyeri bayi yang baru tumbuh gigi

Meskipun kita tahu tumbuh gigi adalah proses alami, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan ketidaknyamanan bagi bayimu.

Kamu bisa melakukannya dengan menggosok gusi bayimu menggunakan washlap basah, menggunakan jarimu yang bersih atau sikat gusi khusus untuk bayi.

Berikan bayimu mainan gigitan bayi, setidaknya bayi bisa mengunyah dan menggigit mainan terssebut untuk mengurangi sakit yang dialaminya. 

Selama proses tumbuh gigi, air liur bayi akan terus menerus bertambah dan menetes atu bisa disbeut ngiler, ini dapt menimbulkan masalah seperti iritasi, jadi kamu harus menjaga dagunya agar tetap kering dan bersih.

4. Memberikan Obat

Jika bayi benar benar merasa mengalami masa sulit saat proses tumbuh gigi ini, kamu bisa membawanya ke dokter gigi. Agar keluhan dapat terselesaikan dengan baik.

Obat yang bisa diberi diluar biasanya berupa asetaminofen atau kamu juga bisa mengoleskan gel tumbuh gigi. Namun hindari penggunaan gel yang mengandung choline salicylate dan benzocaine karena dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah.

Demam atau diare bukanlah menjadi faktor penyebab bayi tumbuh gigi, jika bayimu mengalami ini silahkan hubuungi dokter anak.

Tumbuh gigi adalah bagian alami dari petumbuhan dan perkembangan bayi. Karena rasa sakit dan tidak nyaman mmebuat orangtua menjadi cemas ketika proses ini berlangsung.

Ibu perlu mengetahui bahwa gejala tumbuh gigi pada akhirnya akan berlalu, dan bayimu akan memiliki gigi yang sehat. Bersihkan gigi bayimu secara teratur menggunakan produk aman untuk bayi.

Tidak hanya perawatan gigi saja, banyak perawatan lain yang berhubungan dengan bayi yang perlu diperhatikan. Tentunya dengan menggunakan kuntoem perawatan bayi menjadi lebih mudah.

Produk perawatan bayi yang aman dan teruji klinis dapat memberikan kenyamanan pada bayi. Sebagai ibu yang bijak ingin yang terbaik untuk anaknya.

Gunakan kuntoem produk harian bayi dan anak yang terbuat dari bahan organik dan aman untuk bayimu. Sehingga mengurangi masalah kulit yang sering dialami bayi. Jadilah ibu cerdas untuk bayi yang pintar, sehingga proses tumbuh kembangnya menjadai optimal.