Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Bagi UKM dan Pengusaha

Pada era modern seperti sekarang ini software akuntansi telah menjadi kebutuhan vital dalam bisnis apapun. Para pengusaha dan UKM mulai menyadari keuntungan mengunakan software akuntansi dalam menyusun laporan keuangan di usaha mereka.

Kenyataannya mengelola laporan keuangan secara manual tidak akan membantu mereka mendapatkan hasil yang mereka harapkan, karena proses yang sangat rumit serta panjang banyak memakan waktu.
Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Bagi UKM dan Pengusaha

Dalam banyak kasus, dengan menggunakan software akuntansi terbaik dapat membantu perusahaan mengelola anggaran agar lebih efisien, karena pengelolaan anggaran yang tidak tepat merupakan penyebab terjadinya kerugian finansial.

Jika kamu telah berpikir untuk mengubah sistem keuangan usahamu berbasis sistem, maka kamu membaca artikel yang tepat.

Berikut manfaat software akuntansi yang dapat membantumu sebelum kamu memutuskan untuk mengimplementasikan software akuntansi di usahamu.

Alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya dan apa saja manfaat yang didapat dengan penerapan software akuntansi tersebut.

Manajemen Akuntansi

Sebelum mempelajari bagaimana pentingnya software akuntansi untuk usahamu, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu manajemen akuntansi.

Manajemen akuntansi merupakan proses perencanaan strategis, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan proses keuangan didalam sebuah usaha.

Manajemen akuntansi sangat dibutuhkan dalam usaha atau bisnis dalam bentuk  apapun guna  memastikan arus kas dapat berjalan dengan lancar dan stabil.

Tugas manajer akuntansi adalah bertanggungjawab untuk memperkirakan kebutuhan modal dan menentukan strukturnya, menciptakan peluang investasi, menetapkan kebijkan keuangan serta membatntu pengambikan keputusan keuangan.

Sedangkan tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk mengoptimalkan keuangan, memastikan lama suatu bisnis dapat berjalan, menjaga agar arus kas stabil, meminimalkan pengeluaran modal dan memaksimalkan pangsa pasar.

Didalam usaha, tanpa pengelolaan keuangan yang tepat, sulit unutk mencapai tujuan usaha dan mengakibatkan kerugian yang berujung pada kebangkrutan usaha.

Software Akuntansi dan Manfaatnya

Software akuntansi jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat dan memproses transaksi akuntansi secara offline maupun online yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Software akuntansi dirancang bagi profesional akuntansi untuk mengelola akun dan menyederhanakan operasi keuangan dalam organisasi.

Software akuntansi dapat berupa progam entry yang digunakan untuk mengelola hutang, piutang, buku besar, faktur, gaji bahkan aset perusahaan.

Saat ini, banyak bisnis sudah mulai beralih ke software akuntansi dengan alasan dapat membuat laporan keuangan secara instan dan mudah.

Bagi profesional akuntansi, software akuntansi adalah aser berharga perrusahaan yang secara signifikan membantu meningkatkan efisiensi departemen keuangan.

Bagi pelaku bisnis UKM dan pengusaha, software akuntansi memungkinkan kita mengontrol keuangan secara otomatis meskipun kita bukan ahli dalam bidang akuntansi.

Lalu mengapa UKM dan pengusaha perlu memiliki sofware akuntansi? Apa keuntungan memilikinya dan bagaimana software akuntansi dapat bekerja meningkatkan kemungkinan pengembalian investasi?

1. Ramah Pengguna

Software akuntansi online umumnya mudah dipelajari dan digunakan dalam operasi usaha sehari hari. Kamu dapat terus memperbaharui akun dengan beberapa entry data. Kamu bisa melakukan apa yang kamu butuhkan secara efisien hanya dengan beberapa klik.

2. Keamanan

Dikarenakan software akuntansi merupakan perangkat lunak online yang menyimpan data secara online, beberapa pengusahan mengkhawatirkan keamanan. Namun keamanan data adalah prioritas utama dari software akuntansi.

Selain itu, koneksi online memudahkan untuk menagih klien, dapat terhubung langsung dengan informasi bank dan menilai kesehatan keuangan bisnis kamu dimanapun kamu berada.

3. Penggajian

Dokumen perangkat lunak akuntansi online memudahkan pengisian formulir perusahan secara akurat dan tepat maka memudahkan pula dalam melakukan pembayaran gaji bagi para karyawan secara tepat waktu.

4. Arus Kas

Menggunakan software akuntansi dapat mengelola arus kas secara efektif sehingga membantu UKM dan pengusaha untuk menghemat uangnya. 

Software akuntansi memudahkan untuk menentukan insentif bagi karyawan. Pengelola bisnis dapat melihat untung dan rugi dengan cara yang mudah serta dapat dipahami.

5. Faktur

Faktur merupakan salah satu aspek terpenting didalam sebuah usaha. Faktur adalah suatu dokumen yang digunakan untuk transaksi jaul beli. Ini biasanya mendatangkan pendapatan bagi perusahaan. 

Menggunakan software akuntansi UKM dan pengusaha dapat membuat faktur secara mudah dan menghemat waktu. Serta mencegah kerugian yang diakibatkan karena kesalahan manusia dalam mengerjakan.

Kita juga dapat mengirim faktur secara online melalui email kepada klien untuk menghemat kertas serta perangko.

6. Akurasi

Untuk semua jenis usaha, akurasi sangatlah penting. Mengurangi kesalahan dalam proses pembuatan laporan keuangan menjadi tujuan utama. 

Kesalahan yang dibuat dalam perhitungan dapat menyebabkan kerugian yang signifikan dan masalah lainnya. Software akuntansi dapat mencegah kesalahan kesalahan tersebut.

7. Biaya

Salah satu manfaat terbesar software akuntansi bagi UKM dan pengusaha adalah penghematan biaya.

Untuk bisnis kecil seperti UKM yang memiliki anggaran terbatas dalam menyewa akuntan akan kewalahan dengan biayanya.

Dengan menggunakan software akuntansi, kita hanya perlu mengkhawatirkan pembayaran pelatihan dalam penggunaan software tersebut. 

Ini akan menghemat biaya yang timbul di usahamu, karena ini bukanlah pembelian satu kali dalam jumlah besar.

8. Produktivitas

Dokumen secara manual yang tertumpuk dan berserakan karena dalam jumlah yang banyak bisa membosankan dan melelahkan. Membuat karyawan menjadi tidak produktif. 

Software akuntansi jauh lebih efisien daripada mengisi dokumen dokumen tersebut diatas meja kerja. Ini menjadikan karyawan jauh lebih produktif daripada sebelumnya.

Sofware akuntansi memudahkan pelaku bisnis UKM dan pengusaha untuk mengelola prosedur keuangan dengan benar dan cepat.

Dengan hadirnya software akuntansi bukan berarti menggantikan posisi manajer keuangan tetapi justru membuat manajer keuangan meningkatkan produktivitasnya.

Tanpa adanya software akuntansi UKM dan pengusaha harus menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat laporan keuangan dan dokumen lain yang berhubungan dengan rekonsiliasi bank.

Keuntungan menggunakan software akuntansi bagi UKM dan pengusaha membantu mereka mendapatkan visibilitas lengkap tentang kesehatan keuangan usaha mereka sehingga meraka menjadi lebih maju dan sukses.

Kini kamu tidak perlu bingung dalam memilih software akuntansi mana yang akan kamu pilih, di Indonesia telah hadir software akuntansi online yaitu jurnal.id dengan kelebihan kelebihan yang ada didalamnya.

Jurnal id juga menghadirkan cara terbaru dalam mengelola laporan keuangan dengan mudah sehingga menghasilkan laporan keuangan yang instan dan real time. Diantaranya adalah :
  • Laporan keuangan instan dan realtime

  • Laporan lengkap

  • Tersimpa di cloud

  • Simpel dan aman

  • Fitur lengkap seperti pembuatan Fakur, pencatatan biaya, pelacakan persediaan, laporan keuangan, manajemen aset dll.
Dengan menggunakan jurnal.id kamu dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat secara otomatis, tanpa biaya tambahan. Dilengkapi dengan fitur keuangan bisnis yang sangat lengkap serta menjamin akan keamanan data perusahaan kamu.

Segera gabung usaha kamu dengan jurnal.id sehingga kamu dapat fokus akan pengembangan usaha dan UKM kamu.