Jam Tidur Bayi Hingga Usia 12 Bulan

Sebagai seorang ibu, yang baru saja di karuniai seorang bayi yang lucu dan menggemaskan, Penting untuk mengetahui jam tidur bayi hingga usia 12 bulan agar bunda dapat menyesuaikan diri. Karena Sudah sewajarnya harus terbangun berkali kali di saat malam.

Banyak bunda yang merasa jam tidurnya terganggu karena rengekan dari si kecil, dan berharap kapan ini akan berakhir?. Bayi memiliki jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa sehingga pola tidurnya pun akan berbeda.

Jam Tidur Bayi Hingga Usia 12 Bulan

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk bayi, terutama di masa pertumbuhannya. Ketika kebutuhan tidur ini tidak tercapai dengan maksimal, perlu penanganan agar pola tidur menjadi berkualitas.

Jam Tidur Bayi Secara Umum

Jam tidur yang cukup di perlukan bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Karena dengan tidur, bayi akan dapat melindungi tubuh nya dari berbagai macam penyakit.

Antara lain kerusakan jantung dan masalah pada pembuluh darah.

Terdapat beberapa perbedaan jam tidur bayi, antara bayi baru lahir hingga usia satu tahun. ini umumnya akan berubah dalam kurun waktu tri semester.

Berikut adalah jam tidur bayi yang telah saya rangkum dari healthline.com.

Bayi yang baru lahir memiliki kebutuhan tidur khusus, selama kurang lebih 16 jam sehari. Ini terbagi antara tidur siang dan malam hari.

Meski biasanya pola tidur bayi baru lahir sangat berantakan, bunda perlu membangunkannya untuk menyusu.

Beberapa bayi baru lahir, belum bisa mengetahui bagaimana mengenali siklus siang dan malam. Maka bunda perlu membantunya memahami dengan melakukan perilaku dan stimulasi cahaya untuk si kecil.

Jam Tidur Bayi 2 Bulan

Bayi Usia 1 hingga 2 bulan jam tidurnya sekitar 14 sampai dengan 16 jam sehari. Dan akan lebih teratur, umumnya dia akan menghabiskan jam tidurnya di malam hari.

Ciptakan lingkungan yang tenang dan sunyi ketika menjelang malam tiba, dan lakukan ini secara konsisten.

Jam Tidur Bayi 4 Bulan

Bayi usia 3 sampai 5 bulan membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 11 jam untuk tidur. Dan akan mengurangi jam tidurnya di siang hari yang hanya sedikit sedikit terbangun.

Ini adalah wajar karena dia ingin beraktivitas lebih.

Bunda tidak perlu khawatir jika bayi akan sering terbangun di malam hari, ini pertanda bahwa bayi mengalami regresi tidur. Sebagai tanda bahwa bayi sedang tumbuh dan berkembang.

Jam Tidur Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 hingga 8 bulan membutuhkan waktu 11 jam untuk tidur di malam hari, dan hanya 3 jam di siang hari. Di usia ini bayi sudah mengurangi aktivitas menyusu. selain sudah mendapatkan nutrisi melalui pemberian mpASI menjadikan bayi merasa kenyang lebih lama.

Pada usia ini bayi bunda bisa mulai mengenalkan dia untuk bisa tidur dengan sedirinya, ini adalah langkah awal yang baik.

Namun jika bayi anda rewel ketika ingin tidur ini tidaklah salah. Cobalah mengusap bagian atas kepalanya dan membacakan doa sebelum tidur kepadanya atau bahkan menyanyikan lagu penghantar tidur yang lembut.

Jam Tidur Bayi 9 Bulan

Bayi usia 9 hingga 12 bulan memiliki 11 jam tidur malam dan 2,5 jam tidur di siang hari. Kebanyakan bayi menjadi sulit tidur di siang hari bahkan tidak mau tidur karena lebih senang bermain.

Bundaperlu bersabar, ketika mengalami kendala yang muncul seperti ketika anak sedang tumbuh gigi dan adek mudah merasa capek karena bisa merangkak dan belajar berjalan.

Yakinlah setiap rutinitas yang telah bunda ciptakan ini, akan berdampak positif bagi anak bunda di pertumbuhan selanjutnya. Karena dengan menciptakan pola tidur yang baik maka akan tercipta tidur yang berkualitas.

Menyiapkan Tidur Yang Berkualitas Bagi Bayi

Setiap bayi mempunyai jam tidur masing masing, yang tidak harus sama dengan bayi lainnya,. namun lebih baik untuk bunda mengetahui bagaimana kebutuhan tidur bayi dapat terpenuhi dengan sehingga menghasilkan tidur yang berkualitas bagi anak.

Tidur bagi bayi adalah kebutuhan penting yang sama dengan asupan nutrisi bagi bayi.

Karena pada saat tidur bayi dapat menghasilkan growth hormone yang bisa di peroleh tertinggi pada saat bayi tidur.

Kebutuhan tidur bayi selain membuat anak menjadi beristirahat, menjadi penting dengan melihat beberapa manfaatnya.

Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak, meningkatkan konsentrasi dan memori. Meningkatkan efisiensi koneksi sel saraf otak dan mempengaruhi emosi pada bayi dan anak.

Penerapan kebiasaan menjelang tidur yang baik, yaitu dengan mempersiapkan bayi agar tidur berkualitas dengan cara mengatur lingkungan dan perilaku. Antara lain sebagai berikut :

  1. Menyiapkan suasana, dengan memberikan suhu yang nyaman,.
  2. Tidak menstimulasi berlebihan, pengaturan ruangan dan tempat tidur yang nyaman, kamar yang redup dan tenang serta tidak merusak mood anak.
  3. Berikan dorongan, yaitu dengan menerapkan rutinitas sebelum tidur. Memberikan waktu sekitar 30 hingga 60 menit bagi sikecil, sehingga bayi juga akan terbangun dengan jam yang konsisten.
  4. Cegah dan hindari kegembiraan berlebihan menjelang waktu tidur, aktivitas yang berat
  5. Hindari kebiasaan makan besar sebelum tidur, tidur siang yang berlebihan, serta tidak menyalakan televisi dan gadget.

Bunda dapat mengenali kebutuhan tidur anak, dengan melihat kebiasaan anak setiap malamnya.

Ada beberapa pertanda adanya gangguan tidur pada bayi yang bisa bunda ketahui antara lain :

  1. Anak memiliki jam tidur yang tepat
  2. Terdapat masalah dengan waktu tidur
  3. Anak terbangun pada malam hari
  4. Ada masalah pernafasan ketika anak tidur
  5. Ada perilaku khusus saat tidur
  6. Apakah bayi menjadi sulit di bangunkan ketika tidur dan sering mengantuk di siang hari

JIka bunda melihat satu atau lebih jawaban dari pertanyaan di atas, maka konsultasikan hal ini kepada dokter sepesialis anak. Agar pola tidur menjadi normal dan anak akan senang.

Menerapkan tidur yang cukup untuk anak, serta mendeteksi dini bentuk dari masalah tidur bayi. Akan membantu bunda untuk dapat merawat bayi dengan baik.

Begitu pula dalam mempelajari dasar dasar perawatan bayi baru lahir penting untuk dipelajari.

Dengan mengetahui jam tidur bayi hingga usia 12 bulan, ini akan membantu bunda untuk menjaga anak tetap sehat. Serta dapat mengikuti tumbuh kembang anak bunda secara optimal.