Efek Kopi Pada Ibu Menyusui Dan Bayi

Untuk bunda yang saat ini sedang memberikan ASI ekslusif bagi si kecil, pasti pernah berpikir apa efek kopi pada ibu menyusui dan bayi.

Sebenarnya AMAN, hanya jika bunda meminumnya dalam kadar yang wajar maka tidak akan berdampak buruk terhadap bayimu.

Efek Kopi Pada Ibu Menyusui Dan Bayi

Perlu diketahui bahwa kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi berbeda-beda, tergantung dari jenis kopi itu sendiri.

Berapa lama waktu menyeduh juga dapat Berpengaruh.

Pengaruh Kopi Di dalam ASI

Kafein yang masuk ke dalam asi adalah beberapa jam setelah dikonsums. Sebenarnya sangat sedikit kopi yang benar benar masuk melewati ASI saat kamu meminumnya.

Berikut beberapa fakta mengkonsumsi kopi yang saya kutip dari heathline.

Menurut hasil dari sebuah studi di Tahun 1984 antara 0,06 hingga 1,5% dari dosis kafein yang masuk ke bayi saat menyusu.

Sebenarnya kafein juga d itemukan pada minuman dan makanan lain, seperti teh, coklat, minuman berenergidan soda.

Jadi selalu ingat berapa jumlah kafein yang kita konsumsi setiap hari ya bun.

American Academy Of Pediatrics memperbolehkan bunda untuk mengkonsumsi kopi meskipun sedang menyusui, namun dalam batas asupan hingga 300mg atau kurang per hari.

Tidak ada bukti yang kuat bahwa minum kopi dalam jumlah yang wajar mempengaruhi produksi ASI di dalam tubuh bunda.

Apakah perlu membuang ASI dengan cara mempompa setelah meminum kopi.

Lebih baik tidak melakukan hal ini karena pumping d ilakukan untuk menjaga persediaan ASI bunda.

Jika bunda masih merasa khawatir kopi akan masuk kedalam ASI, ingatlah bahwa kadar kafein akan masuk ke dalam tubuh sekitar dua jam.

Jadi untuk mengurasi rusiko penularan kafein kepada bayi, susuilah bayi setelah dua jam setelah kamu meminum kopi.

Pengaruh Spesifik Kopi Untuk Ibu Menyusui Dan Bayi

Terlalu banyak kafein yang di konsumsi, menimbulkan beberapa gejala yang membuat bunda tidak nyaman. Terlebih kopi di minum lebih dari 4 cangkir setiap harinya.

Efek kopi pada ibu menyusui antara lain migrain, kesulitan tidur. Sering buang air kecil, sakit perut, detak jantung menjadi lebih cepat.

Jika bunda meminum 10 cangkir atau lebih kopi setiap hari, kemungkinan efek sampingnya adalah bayi menjadi mudah marah dan rewel.

Efek lain yaitu pola tidur yang tidakteratur, merasa gelisah dan lebih cerewet.

Jika bunda menemukan pengaruh seperti yang di sebutkan diatas, lebih baik untuk menghindarinya terlebih dahulu hingga masa menyusui selesai.

Jumlah kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi sekitar 30 hingga 700m, bergantung dari seberapa besar cangkir yang bunda gunakan dan jenis kopi yang di minum.

Sayangnya hal ini kurang di perhatikan oleh kita, karena kebiasaan kita adalah memilih kopi sachet yang banyak di jual di pasaran.

Bunda perlu berhati hati dalam memilih jenis kopi, untuk melihat kadar kafein yang terkandung di dalamnya.

Kopi instan atau kopi sachet yang banyak d ijumpai saat in, cenderung banyak campuran di dalamnya.

Kandungan kopi yang sedikit dan tinggi kandungan gulanya, sehngga tidak baik bagi ibu hamil dan menyusui.

Cobalah sesekali membaca ingredients yang berada di balik kemasan.

Kopi ini juga mengandung tinggi kalori, dalam 1 cangkir kopi terdapat 349 kkal ini setara dengan 1 mangkuk indomie rebus.

Kopi untuk ibu hamil, boleh mengkonsumsinya asalkan membatasi dengan jumlah yang wajar. Yaitu 200mg perhari atau setara dengan secangkir kopi.

Jika minum secangkir kopi adalah kebiasaan yang biasa bunda lakukan, tidak perlu mneghentikan hobi ini meskipun sedang menyusui.

Ibu menyusui bisa mengkonsumsi kopi sampai dengan batas maksimal sekitar 5 gelas perhari, namun lebih baik untuk menguranginya.

Perhatikan pula keadaan bayi bunda, jika bayi menjadi lebih rewel dan aktif dari biasanya. Lebih baik untuk mengurangi kebiasan minum kopi.

Bunda perlu memperhatikan asupan nutrisi,dari makanan atau minuman yang buda konsumsi setiap hari agar suplay ASI menjadi lebih berkualitas.

Pelajari juga dasar dasar perawatan bayi baru lahir sebagai referensi dalam mengasuh sikecil.

Dengan mempelajari efek minum kopi pada ibu menyusui dan bayi, dapat dijadikan panduan bagi bunda. Untuk tetap senantiasa memperhatikan asupan nutrisi yang berpengaruh untuk tumbuh kembang bayi secara optimal.