Panduan Pemakaman Dalam Islam

 Agama Islam memandang kematian adalah sebagai transisi ke keadaan keberadaan lain yang disebut akhirat.

Kemana kita ketika berada di akhirat tergantung pada seberapa baik kita mengikuti ajaran islam semasa hidup.

panduan pemakaman dalam islam


Umat Muslim percaya bahwa jika kita menjalani hidup yang baik sesuai syariat islam, Insya Allah kita akan masuk surga setelah meninggal.

Jika tidak, kita akan dipisakan dari semua hal baik yang ada di akhirat. Oleh karena itu, pemakaman dalam islam tidak hanya untuk menghibur yang sedang berduka.

Tetapi juga untuk berdoa kepada Allah untuk mengasihani orang yang meninggal.

Pemakaman Dalam Islam

Pemakaman islam dianggap sebagai acara komunitas. Muslim percaya bahwa pemakaman menjadi acara yang sangat spiritual.

Setiap orang yang hadir berpartisipasi dalam shalat berjamaah, dimana pelayat berdoa kepada allah untuk mengasihani, tidak hanya kepada yang meninggal tetapi juga untuk semua muslim yang meninggal.

Pemakaman islam dimaksud untuk membantu pelayat mengatasi kesedihan mereka, tetapi juga dimaksudkan untuk menawarkan harapan akan kehidupan akhirat yang baik bagi almarhum atau almarhumah.

Tradisi Pemakaman Islam

Salah satu ritus pemakaman yang sangat penting dalam keyakinan umat islam adalah penguburan jenazah dilakukan secepat mungkin setelah kematiannya.

segera setelah meninggal, jenazah dimandikan dan ditutupi kain kafan oleh anggota keluarga, tangan diletakkan seolah - olah sedang berdoa, kemudian jenazah diangkut ke lokasi pemakaman dengan kondisi peti mati tertutup.

Dalam upacara pemakaman sebelum prosesi penguburan, jenazah dan semua hadirin menghadap ke kiblat yang merupakan pusat suci islam yang kemudian dilanjut dengan shalat jenazah dengan urutan baris pertama pria, kemudian anak - anak, kemudian wanita.

Hingga akhirnya jenazah dikuburkan, upacara pemakaman penting lainnya adalah meminta setiap orang di pemakaman untuk membuang setidaknya 3 genggam tanah ke dalam kuburan.

Karena umat muslim percaya akan ada kebangkitan pada hari penghaiman, oleh karena itu islam melarang kremasi ataupun pembalseman yang dianggap sebagai penodaan tubuh.

Etiket Atau Sopan Santun Dalam Pemakaman Islam

Pelayat dipemakaman islam mungkin mengungkapkan kesedihan, tetapi hanya dalam standar kesopanan tertentu.

tatapan yang keras tidak diizinkan atau emosi ekstrem lainnya hingga pakaian robek, cibiran, ucapan yang tidak sopan, melukai diri sendiri, tetapi menangis diperbolehkan.

Setelah prosesi pemakaman selesai, pelayat dapat berkumpul di rumah duka. Ini merupakan saat yang tepat untuk mengungkapkan belasungkawa kepada keluarga dan mendukung mereka dalam kesedihan hingga bersosialisasi untuk membantu keluarga mengatasi kehilangan mereka.

Hal - Hal Yang sering Ditanyakan Dalam Pemakaman Menurut Islam

Berapa Batas Waktu Pemakaman Islam

Penguburan harus dilakukan secepat mungkin. Biasanya menguburkan seseorang yang beragama islam dalam 3 Hari. Meskipun sebagian besar berusaha menguburkannya dalam 24 jam.

Mengapa Pemakaman Islam Dihadiri Oleh Seluruh Orang Atau Komunitas

Umat islam percaya bahwa kematian sesama muslim adalah kerugian bagi seluruh komunitas ataupun umat islam. Mereka juga percaya pemakaman merupakan sebuat acara yang sangat spiritual untuk mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir.

Apakah Wanita Muslim Menghadiri Pemakaman Islam ?

Secara tradisional mereka tidak melakukannya. Namun,komunitas modern mengizinkan wanita untuk berada dalam prosesi pemakaman hingga selesai.

Apa Aturan Berpakaian Untuk Pemakaman Islam

Untuk Pria Dan wanita, Pakaian haruslah sopan. Pria Harus mengenakan kemeja dan celana panjang.

Sedangkan untuk wanita harus mengenakan kerudung ditambah rok selebar pergelangan kaki dan kemeja dengan lengan panjang dan leher yang tinggi.

Setiap orang harus mengenakan kaus kaki yang bersih, karena sepatu harus dilepas sebelum shalat.

Apakah Non-Muslim Diperbolehkan Di Pemakaman Islam ?

Ya, Adalah Hal Biasa Bagi Non-Muslim untuk menghadiri pemakaman islam.

Apakah Kuburan Muslim Dan Non-Muslim Harus Dipisah ?

Baiknya Dipisah, karena sejak jaman Rasulullah, Makam orang - orang mukmin selalu dipisah dengan orang Non-Muslim.

Karena azab seorang jenazah Musyrik di dalam kubur akan dirasakan juga oleh seluruh penduduk makam tersebut. Hingga akhirnya jenazah umat muslim akan ikut tersiksa juga.

Diatas adalah beberapa informasi terkait bagaimana pemakaman dalam islam. Dan untuk menanggapi point terakhir yakni Memisahkan kuburan Muslim dan Non-Muslim.

Alhamdulillah saat ini telah ada Al-Azhar Memorial Garden yang termasuk dalam pemakaman karawang khusus Umat Muslim.

Hal yang harus diperhatikan ketika prosesi pemakaman adalah Benar atau Tidaknya dalam mengikuti syariat islam. Untuk itu, Peristirahatan terakhir bagi umat muslim ini sangat cocok karena dipisah dengan Non-Muslim.

Serta tata letak dan makam memiliki nomor alamat sehingga mudah ditemukan, selain itu, tidak ada hal mewah untuk kuburan umat muslim selain gundukan tanah dan nisan sesuai syariat dan ketentuan islam.

Tidak ada komentar untuk "Panduan Pemakaman Dalam Islam"