Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Aman

Setelah bayi kamu rewel, pasti kamu berusaha untuk menenangkannya. Menggendong bayi baru lahir dengan aman adalah salah satu pilihan yang tepat.

Cara menggendong bayi newborn mungkin masih terasa asing apabila kamu sebagai orang tua baru yang sedang melahirkan anak pertama.

Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Aman

Kebanyakan orang akan memilih  cara menggendong bayi dengan selendang ataupun cara menggending bayi dengan gendongan instan yang mudah anda beli.

Manfaat menggendong bayi adalah membuat bayi menjadi tenang dan semakin dekat dengan anda. Jangan takut bahwa bayi akan menjadi bau tangan, kenyataannya adalah bayi akan semakin mengenali kamu sebagai orang tuanya.

Bagaimana cara Menggendong Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Berikut panduan cara menggendong bayi baru lahir dengan aman yang saya kutip dari healthline antara lain : 

1. Bersihkan Tangan

Selalu memastikan kebersihan tangan kamu sebelum kamu mneggendong bayi. Bayi sangat rentan dengan penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang masih berkembang. 

Jadi jika tangan kamu kotor, kuman yang kamu bawa bisa membuatnya mudah sakit. Cuci tangan kamu dengan sabun dan air hangat. 

Pertimbangkan juga untuk selalu membawa handsanitizer untuk tamu yang akan memeluk dan menggendong si kecil. Kamu tidak ingin anak kamu sakit hanya karena orang yang berkunjung membawa penyakit untuknya.

Bersihkan tangan kamu setip kali sebelum kamu menggendong bayimu.

2. Buat Bayi Merasa Nyaman

Kenyamanan adalah hal terpenting dalam menggendong bayi. Kenyamanan disini tidak hanya secara fisik namun juga psikis.

Berikan rasa percaya diri yang penuh bahwa kamu bisa menggendongnya dengan nyaman dari hati. Bayi yang ada dalam genggamanmu adalah buah hati yang harus senantiasa kamu jaga.

Biasanya kamu akan mendapatkan rasa nyaman ini ketika kamu menggendong bayi selama 5 menit, kamu akan menemukan posisi yang dirasa bayi merasa nyaman didalam gendonganmu.

Merasa takut diawal mengegndong bayi bau lahr itu wajar, beri waktu tubuhmu dengan mengatur nafas dan semuanya akan menjadi lebih baik.

3. Beri Dukungan

Saat menggendong bayi bar lahir, perhatikan tangan sebagai penopang kepala dan leher bayi. Bagaimanapun kepala bayi adalah bagian terberat dari tubuhnya saat lahir.

Beri perhatian khusus pada fontanel bayi, yang merupakan titikn lunak kepalanya. Kamu bisa menambahkan bantal untuk alas kepalanya.

Bayi baru lahir belum mempunyai kintrol leher untuk menopang kepala mereka sendiri. Dia bisa melakukan ini ketika masuk usia 4 bulan kehidupannya.

4. Posisikan Tubuh Anda Dengan Benar

Ketika kamu menggendong bayi pastikan posisi dengan benar. Letakkan satu tangan diabwah kepala dan tangan lainnya dibawah pantat. Angkat tubuhnya setinggi anda.

Kamu dapat berposisi bebas yang terpenting kamu tetap menopang kepala dan lehernya. Ada berbagai macam gendongan pilih yang menurutmu nyaman dipakai.

Dalam posisi ini kamu juga bisa melakukannya untuk menyusui dan menyendawakannya. Berganti posisi ketika bayimu mulai jenuh dan terasa tidak nyaman.

Ada beberapa posisi yang dapat kamu gunakan antara lain :

A. Menggendong Dengan Mengayun Bayi

Posisi ini cara termudah dan terbaik untuk menggendong bayimu selama beberapa minggu pertama kehidupannya. 

Kamu dapat melakukannya dengan baik, dengan memerhatikan beberapa cara dibawah ini :

Dengan poosisi bayi horizontal setinggi dada, geser tanganmu dari bawah keatas untuk menopang lehernya.

Dorong kepala bayi dengan lembut ke lekukan siku.

Sambil tetap menggendong kepalanya, gerakkan tangan dari lengan ke pantatnya.

Lengan dapat bebas melakukan hal lain atau membantu menopang.

B.Menggendong Di Dada Ibu

Posisikan tubuh bayi sejajr dengan tubuhmu, angkat kepalanya setinggi bahu.

Letakkan kepalanya di dada dan bahu agar mereka bisa melihat kebekang.

Pertahankna satu tangan dikepala dan lehernya, dan dengan tangan lainnya memegang pantat bayi. 

Dalam posisi ini memungkinkan bayimu mendengar detak jantungmu yang membuatmu menjadi lebih nyaman.

C. Menggendong Dengan Posisi Telungkup

Baringkan bayi anda, telungkupkan di lengan bawag anda dengan kepala menghadap ke siku anda.

Kaki mereka harus mendarat di kedua sisi tanganmu, lebih dekat ke bwah sehingga posisi bayi agak miring.

Posisi ini berguna jika perut bayi kembung dan membantu menyendawakannya. Usap lembut punggung bayi dengan lembut untuk mengeluarkan gas di dalam perutnya.

D. Menggendong Di Pangkuan

Duduklah dikursi dengan kaki posisi kokoh menginjak lantai.

Letakkan bayi dipangkuanmu, pastikan kepalanya berada di lututmu menghadap keatas.

Angkat kepalanya dengan kedua tangan untuk menopang dan lengan bawahmu dibawah tubuhnya.

Kaki bayi harus diselipkan di pinggang anda.

Pastikan mood bayi saat kamu menggendongnya. Jika mereka merasa rewel dan menangis, kamu dapat mencoba posisi lain untuk mencari posisi yang dirasa nyaman oleh bayimu.

Kamu bisa mencoba gerakan menggoyang lembut dan pelan, perhatikan bayi tetap dalam posisi nyaman.

Sehingga dia dapat bernafas dengan baik.

Tips lain yang dapat kamu gunakan saat menggendong bayi adalah coba untuk kontak skin to skin saat menggendong bayi. Ini adalah caea yag tepat agar menjaganya tetap hangat.

Jika kamu merasagugp untuk menggendong bayi kamu dapat melakukannya sambil duduk. Gunakanlah gendongan bayi namun tetap pegang tangannya.

Gunakan pula bantal untuk menyangga kepalanya, terutama saat kamu menyusuinya, karena kepala bayi masih sangat lunak. 

Jangan kamu memakan atau membawa minuman panas ssat memegang bayimu, karena ini dapat mencelakakannya dnegan tidak sengaja akan tumpah.

Menggendong bayi terasa sangat menakutkan dan mengkhawatirkan saat pertama kali, namun kamu akan nyaman dan menjadikan itu menjadi kebiasaan.

Semoga postingan cara menggendong bayi baru lahir dengan aman ini dapat menyelesaikan masalahmu saat belajar menjadi orang tua hebat, menggendong bayi adalah salah satu cara perawatan bayi baru lahir agar membuat bayi tetap merasa nyaman.