Dasar Dasar Perawatan Bayi Baru Lahir

Memiliki anak adalah dambaan setiap orang tua. Terlebih bagi anda yang baru saja atau akan memiliki anak pertama. Untuk menjadi Orang tua cerdas tentunya harus paham dasar dasar perawatan bayi baru lahir.

Hidup bersama dengan mereka serta melewati setiap fase tumbuh kembangnya merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu.

Namun apa yang terlintas dipikiran seorang ibu baru dengan bayinya?, hamil kemudian melewati proses persalinan yang panjang membuat ibu baru merasa kelelahan, dan ketakutan dalam memulai merawat bayinya.

Perawatan Bayi Baru Lahir

Seteah pulang dari Rumah Sakit, banyak ibu baru memikirkan apa saja perlengkapan perawatan bayi baru lahir, tetapi sesulit apapun menjadi ibu baru sekaligus orang tua baru, anda akan melewatinya dengan baik.

Bayi sejatinya lebih kuat dari kita, dia sudah diberikan kelebihan oleh Tuhan, tinggal bagaimana kita membantunya melewati fase fase kehidupannya.

Bayi dapat dikategorikan  bayi baru lahir yaitu hari pertama kehidupannya sampai dengan usia 28 hari. Dalam masa ini, kita harus bisa belajar perawatan bayi baru lahir yaitu mendeteksi dan memahami kebutuhan si bayi.

Perawatan Bayi Baru Lahir

Merawat bayi dibawah 1 bulan atau bayi baru lahir tidaklah mudah, banyak ibu baru yang kebingungan, namun dengan panduan dan cara yang tepat itu akan menjadi mudah

Berikut yang perlu diperhatikan saat merawat bayi anda yang saya kutip dari nytimes:

1. Jadwal Menyusui baik dengan ASI ataupun susu formula

Menyusu adalah kegiatan utama agar bayi mendapaat asupan sebagai makanan dan minumannya. Baik anda yang menyusui dengan ASI atau susu formula, sering seringlah menyusui mereka.
Jadwal Menyusui Yang Benar

American Academy Of Pediatrics merekomendasikan menyusui dilakukan setidaknya enam bulan. Sedangkan tubuh dalam memproduksi ASI itu sendiri akan mulai keluar setelah tiga hari setelah kelahiran.

Sebelumnya  payudara akan menghasilkan cairan kental berwarna kuning berisi nutrisi yang disebut kolostrum. Cairan ini memberikan kekebalan kepada bayi anda.

Pada Awalnya, ibu harus memastikan pelekatan yang pas antara mulut bayi dengan payudara. Agar bayi mendapatkan nutrisi yang cukup dengan posisi yang nyaman. Jika anda memiliki kesulitan untuk ini, anda bisa konsultasikan dengan orang yang ahli dalam bidang laktasi.

Cara Menyusui Selama Dua Minggu Pertama Kehidupan

Baik anda yang memberikan ASI atau susu formula, bayi baru lahir harus minum setiap satu hingga tiga jam, sehingga mereka makan delapan hingga duabelas kali dalam 24 Jam. 

Sering memberikan makan kepada bayi baru lahir akan membantu menaikkan berat badannya. Saat bayi anda tumbuh, dia secara bertahap akan menyusu lebih lama sesuai dengan besarnya penampungan diperut mereka.

Setelah menyusui, pastikan anda menyendawakan bayi anda, ini untuk menghindari bayi gumoh yang membuat ibu baru menjadi panik.

2. Memperhatikan Pola Tidur Bayi

Bayi akan memiliki jam tidur yang lebih panjang dibandingkan kita, saat bayi anda tertidur sebaiknya anda juga mengambil waktu untuk ikut tidur agar tubuh anda beristirahat secara optimal karena masih banyak yang harus dilakukan.
Pola Tidur Bayi

Bayi yang berusia dibawah satu bulan lebih baik tidur dalam posisi terlentang, ini untuk menghindari syndrom kematian mendadak pada bayi.

Pada minggu minggu pertama kehidupannya bayi membutuhkan jam tidur 16 jam sampai 17 jam sehari, ini terbagi dalam beberapa jangka waktu baik pada siang hari maupun malam hari. 

Jadi apabila dia tertidur sebagai ibu abru baiknya anda mengambil langkah mengikutinya agar tidak terlalu kelelahan saat mengurusnya.

Terlahir kedunia yang sangat berbeda dengan kondisi didalam perut ibu, bayi akan menyesuaikan jam tidurnya sesuai dnegan perkembangan waktu. Ini mengakibatkan bayi belum bisa membedakan antara siang dan malam.

Cara agar  bayi tidur dengan baik pada saat malam hari

Kita perlu memastikan bahwa kebutuhan bayi sudah tercukupi, dia sudah menyusu dan kondisi badan yang bersih serta nyaman. Bagaimana kenyamanan itu bisa didapat?

Yang perlu diperhatikan adalah kita harus berusaha membuatnya senyaman mungkin, karena dia hidup didalam rahim ibu yang super duper nyaman selama 9 bulan, sehingga kita perlu membedongnya.

Memberikan kehangatan yang mirip dengan didalam rahim ibu akan membuatnya mendapatkan tidur lelap. Kalau anda ingat ketika anda hamil, bayi akan beraktivitas lebih saat malam hari ini dikarenakan kondisi ibu menjadi rileks saat malam tiba.

Nah, ini terbawa oleh bayi sampai dia terlahir. PR kita untuk membuatnya bisa tertidur kembali. Bayi mungkin akan terbangun dan rewel, lalu apa yang harus kita lakukan. Kita perlu menggendong dan mengayun ayunkannya sama seperti ketika dia diperut kita pastinya.

Dia akan terbawa kemanapun kita pergi. Saat bayi anda rewel, silahkan perhatikan popok, apakah dia alpar atau dia perlu kehangatan. 

Tidak masalah jika dia akan menangis dan rewel di malam hari, jika semua baik baik saja,dia akan tertidur kembali. Ini akan mengajarkannya bagaimana cara untuk dapat tertidur sendiri secara alami.

3. Memandikan Bayi dengan Benar

Membersihkan bayi secara teratur, baik itu mengganti popok hingga memandikannya perlu belajar, tidak bisa instan, anda akan terbiasa seiring verjakannya waktu.
Perawatan Bayi Baru Lahir

Bayi baru bisa mandi 2 kali seminggu, tidak perlu sering karena kulitnya masih sensitive, anda bisa menggantinya dengan hanya mencelupkan washlap memakai air hangat dan bersihkan daerah daerah mulut, leher, lipatan serta selangkangan bayi.

Mandi yang terlalu sering mengakibatkan kulit bayi menjadi kering dan iritasi. Timbulnya masalah kulit bayi seperti biang keringat dan masalah kulit lainnya.

Cara memandikan bayi baru lahir

Memandikan bayi sebelum tali pusarnya terlepas, banyak  ibu baru khawatir akan hal ini, umumnya tali pusar akan terlepas setelah 5 sampai dengan 7 hari tergantung dari kondisi bayi tersebut.

Apa itu tali pusar?, tali pusar adalah potongan dari plasenta yang menghubungkan perut bayi dengan ari ari didalam rahim ibu, ini berfungsi untuk menutrisi bayi. Setelah bayi lahir umumnya tali ini akan dipotong dan dibiarkan kering serta terlepas dengan sendirinya.

Jika bayi anda tali pusarnya belum terlepas atau dalam bahasa yang sering dipakai puput. Maka saat memandikannya tidak perlu dimasukkan kedalam ember, anda hanya perlu mengusapnya dnegan washlap lalu dikeringkan memakai handuk.

Anda harus benar benar memastikan kondisi pusar ini kering dan gantilah perbannya dengan yang baru. Setelah bayi anda puput maka anda bisa memandikannya lebih sering dan memasukkannya kedalam bak mandi.

Sebelum mandi pastikan anda menyiapkan segala keperluannya seperti sabun amndi, washlap, handuk serta kebutuhannya setelah mandi diantaranya, minyak telon,popok dan pakaian ganti.

Memandikan bayi dengan pengawasan oleh kita, letakkan bayi anda datas bak mandi dengan posisi terlentang, gunakan tangan kiri anda sebgai penyangga tubuhnya.

Kemudian gunakan tangan kanan anda untuk menyabunnya lalu setelah membersihkan semua area area lipatan pada bayi basuhlah dengan air hangat kemudian pasang handuk untuk mengeringkannya\

Waktu yang diperlukan tidaklah lama, cukup ketika bayi anda sudah bersih segera berikan dia kehangatan, kebanyakan bayi akan menangis ketika mandi, ini dikarenakan suhu ruang yang membuatnya tidak nyaman.

Anda bisa memandikannya didalam kamar dengan suhu ruang yang cukup hangat, sehingga membuatnya nyaman.

4. Bangun Hubungan Baik Dengan Bayi

Melakukan bonding atau membangun hubungan dengan bayi mempunyai banyak manfaat, selain membuat orang tua menjadi lebih dekat, bayi akan mendapatkan banyak pelajaran positif dari kegiatan ini.
Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Apa saja cara menjalin hubungan dengan bayi

Salah satu cara terbaik untuk menjalin hubungan baik dengan bayi adalah dengan melakukan skin to skin. Ini telah diterapkan di berbagai rumah sakit dan tempat bersalin yaitu dengan IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

IMD dilakukan dengan cara meletakkan bayi dengan posisi telanjang diatas perut ibu. Kemudian dia akan menyusu dengan sendirinya. Ini mempunyai banyak manfaat terhadap kesehtaan jantung dan pernapasan bayi.

Selalu mendekatkan wajah kita ketika berbicara dengan bayi, karena bayi yang baru lahir hanya dapat melihat dengan jarak sekitas 20 cm, dan ini akan bertumbuh sesuai dengan usianya.

Meskipun bayi belum bisa memahami apa yang kita bicarakan, namun jangan salah, dia akan merekam semua yang kita ucapkan dalam otaknya, dan kemungkinan besar ia akan menirukannya suatu saat nanti.

Lakukan tummy time dengan bayi. Tummy time adalah posisi dimana kita mengajaknya bermain dalam posisi tengkurap. Bayi yang baru lahir meskipun dia belum bisa tengkurap namun kita bisa membantunya.

Tengkurapkan bayi anda dan ajaklah dia bermain dan mengobrol, ini penting untuk perkembangan motorik kasar serta dia akan belajar mengontrol kekuatan kepala serta lehernya.

Lakukan tummy time di permukaan yang lembut dan stabil, anda dapat melakukannya 3 sampai 5 menit setiap hari. Anda juga bisa melakukan tummy time di dada anda jika bayi anda nyaman dengan posisi tersebut.

5. Minta Dukungan

Menjaid orang tua sekaligus ibu baru bagi bayi anda menang mengasyikkan tetapi ini juga dapat membauat anda kelelahan. Minta dukungan dari pasangan anda, bicarakan semua yang anda pikirkan dan rasakan.
Dukungan Suami

Jaga emosional jangan samapi anda menjadi stress karena ini akan berpengaruh ke produksi ASI serta pengasuhana anda kepada bayi. Banyak penelitian mengatakan bahwa ibu baru mengalami baby blues.

Baby Blues yaitu kondisi dimana seorang ibu merasa menyalahkan dirinya sendiri atas kelahiran si bayi. Dalam segala hal sehingga membuatnya prustasi bahkan ada yang berniat sampai mengakhiri hidupnya.

Segera hubungi dokter apabila anda mengalami hal yang demikian. Cari pengasuh anak untuk membantu anda dalam merawat bayi bisa keluarga, kerabat ataupaun ART lainnya.


Banyak ibu merasa lelah dalam mengurus anak, terutama kelika dia masih terlalu kecil. Kita tidak perlu merasa khawatir karena ibu yang cerdas akan membuat anaknya menjadi lebih baik dan menjamin kehidupannya. 

Anak adalah investasi anda, bagaimanapun juga apa yang kita lakukan kepadanya akan kembali kepada kita suatu saat nanit. 

Semangat untuk ibu baru dan semua ibu dilluar sana. Semoga postingan mengenai dasar dasar perawatan bayi baru lahir  ini membantu anda.

Tidak ada komentar untuk "Dasar Dasar Perawatan Bayi Baru Lahir"