Karakteristik Ciri Ciri Anak Yang Sehat

Orang tua mana yang tidak bahagia melihat anak - anaknya menunjukkan ciri ciri anak sehat dan cerdas.

Terlebih bagi ibu rumah tangga yang setiap harinya selalu bersama anak untuk memantau langsung perkembangan anak.

Ciri Ciri Anak Sehat Dan Cerdas



Tidak hanya sehat secara fisik, tapi sehat secara rohani serta melihat mereka bermain dengan antusias dapat menjamin kepuasan orang tua.

Walaupun terkadang anak tidak dapat mengkomunikasikan apa yang dirasakannya terhadap orang tuanya, namun perhatian dan perawatan dari orang tua selalu mendukung segala sesuatu untuk menunjang kesehatan ataupun kesejahteraan anak.

Ciri Ciri Anak Sehat Dan Cerdas

Untuk orang tua yang mendedikasikan diri demi memantau perkembangan anak secara langsung, alangkah lebih baiknya memahami karakteristik serta yang termasuk kedalam ciri ciri anak sehat antara lain :

Nafsu Makan Baik

Anak yang memiliki nafsu makan baik akan dengan mudah mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Namun, ada kalanya anak yang sehat enggan makan. Jika nafsu makan anak tidak meningkat dalam jangka waktu lama dan disertai dengan penurunan berat badan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter secara langsung.

Jika usianya masih bayi dan belum makan, kesehatannya dapat dilihat dari keinginan si kecil untuk menghisap dan menyusu. Hal ini juga dapat diartikan bahwa si kecil memiliki nafsu makan dan sistem percernaan yang baik.

Nafas Tidak Berbau

Mayoritas penyebab kondisi bau mulut anak adalah karena kurangnya kebersihan mulut dan perawatan gigi.

Untuk mnehindarinya bau mulut tersebut, biasakan si kecil membersihkan gigi dan mulut dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari.

Akibat dari kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut menyebabkan infeksi jamur, bakteri, gigi berlubang, hingga menjalar ke organ lainnya dan menimbulkan efek kurang sedap pada napas anak.

Gigi Cerah Dan Gusi Merah Muda

Jika anak memiliki gigi yang cerah dan gusi yang berwarna merah muda mengkilap, hal ini menandakan bahwa anak tersebut memiliki asupan niasin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B12 ang tercukupi.

Hal lainnya adalah bibir dan lidah tampak atau terlihat lebih segar, karena dengan adanya bakteri yang mengganggu kesehatan memungkinkan lidah atau bibir tampak seolah-olah berwarna pudar dan kering.

Kulit Sehat Dan Mudah Sembuh Saat Terluka

Tidak dipungkiri lagi bahwa anak yang berusia muda memiliki tingkat regenerasi luka yang relatif lebih cepat daripada orang dewasa yang sudah berumur.

Kondisi kulit juga bisa menentukan apakah seorang anak sehat atau tidak. Jika kulit lembab dan tidak bersisik berarti hal ini menandakan bahwa asupan vitamin A, C, dan E terpenuhi dengan baik.

Yang kemudian memungkinkan anak kita memiliki kulit yang sehat serta memiliki kemampuan menyembuhkan luka lebih cepat.

Suhu Tubuh Berkisar Antara 36,3 - 37,7 Derajat Celcius

Suhu tubuh normal dapat berubah - ubah sepanjang hari. Suhu tubuh paling rendah terjadi biasanya saat pagi hari.

Yang kemudian bisa naik sekitar 0,6 Derajat Celcius menjelang sore hari.

Tidak Ada Rambut Kusam Dan Rontok

Rambut juga dapat menjadi cerminan dari kondisi kesehatan secara keseluruhan. Nutrisi yang cukup jelas akan mempengaruhi tekstur rambut.

Anak yang kurang gizi umumnya memiliki rambut yang relatif lebih tipis, kering, rapuh dan mudah sekali rontok.

Ini biasanya juga menjadi acuan ciri ciri anak sehat usia 1 tahun atau 2 tahun, karena umumnya anak sudah memiliki rambut yang agak lebat dan dapat dilihat secara kasat mata.

Main Dengan Antusias

Untuk Bunda Atau Ayah diluar sana, jangan khawatir apabila anak kita bermain sendiri atau lainnya.

Karena biasanya hal ini menandakan bahwa anak kita memiliki kesehatan yang bagus baik secara fisik ataupun mental.

Selama anak lincah, ceria, aktif, berarti dia dalam keadaan sehat dan bugar.

Itulah beberapa ciri ciri anak sehat dan cerdas yang dapat kita jadikan acuan ataupun pedoman untuk menilai kesehatan anak kita.

Selalu cukupi asupan nutrisi anak dengan 4 sehat 5 sempurna. Dan jangan takut dengan mitos seperti efek makan telur setiap hari dapat berakibat buruk.

Apabila terdapat anak yang memiliki ciri ciri berlawanan dengan yang sudah disebutkan diatas, alangkah lebih baiknya segera mengunjungi dokter untuk kejelasan kesehatan anak.

Tidak ada komentar untuk "Karakteristik Ciri Ciri Anak Yang Sehat"