Cara Memandikan Bayi Dengan Mudah

 Mandi adalah kebutuhan setiap manusia begitu pula dengan bayi. Memandikan bayi baru lahir lebih meengangkan dibandingkan kamu bermain rolr coaster. Dengan cara yang benar maka kamu dapat memandikan bayi dengan mudah.

Kamu mungkin merawa khawatir, dengan kondisi air yang sudah hangat apa terlalu panas untuk anak anda. Membuat bayi merasa nyaman ketika mandi sehingga kita dapat membersihkan tubuhnya secara menyeluruh.

Cara Memandikan Bayi Dengan Mudah

Bagi kamu yang bahkan baru pertama kalinya memandikan bayi, terbesit pertanyaan berapa kali bayi harus mandi, karena memang tubuhnya masih bersih dan tidak kotor.

Berikut cara memandikan bayi dengan mudah yang saya kutip dari healthline antara lain :

Memandikan Bayi Baru Lahir

Untuk bayi yang baru lahir, kita tidak perlu terlalu sering memandikannya, bahkan memilih menundanya adalah pilihan yang tepat.

Memandikan Bayi Baru Lahir

Setelah 48 jam dilahirkan, bayi akan dimandikan ini membantu menjaga bayi baru lahir pada suhu yang stabil dan membantu perkembangan kulitnya.

Biasanya mandi pertama kali untuk si bayi dilakukan oleh perawat dirumah sakit, kamu bisa bertanya bagaimana tips nya.

Setelah sampai dirumah kamu sebaiknya memandikan bayimu bisa satu atau hanya dua kali saja dalam seminggu sampai dengan tapli pusarnya lepas. 

Cara memandikan bayi baru lahir yang belum puput yaitu tidak perlu merendam seluruh tubuhnya didalam air. Sebagai gantinya gunakan waslap hangat dan basuhlah wajah mereka terus kebawah.

Bayi baru lahir tidak terlalu kotor, kecuali kalau dia buang air besaar. Jika bayi meneteskan air susu saat dia menyusu kamu hanya perlu membersihkannya dengan tissue di bagain ppi dan lehernya.

Karena sebenarnya bayi tidak perlu mandi di usia ini. Jadi bagi kamu jangan terlalu khawatir tidak memandikannya karena juga akan menyebabkan kulit kering pada bayi.

Kamu bisa melakukan dasar dasar perawatan bayi baru lahir dirumah secara tepat tentunya dengan ilmu dan pengetahuan yang baik.

Memandikan Bayi Usia 1-3 Bulan

Selama bulan bulan awal kehidupannya kamu dapat memandikannya lebih sering. Setelah tali pusarnya suadah puput kamu dapat memandikannya secara tradisional.

Untuk melakukannya, isi setengah bak mandi dengan air hangat, masukkan bayi anda diatas bak mandi dengan posisi salah satu tangan meegasng bayi sedangkan tangan satunya kamu gunakan untuk memercikkan air ke tubuh bayi.

Air hangat disini adalah air hangat kuku kuku, tidak terlalu paans dan tidak terlalu dingin, pastikan suhunya pas, sehingga bayi akan nyaman dan senang menikmati momen mandinya.

Setelah tubuh bayi basah barulah kamu dapat memberikan sabun. Bersihkan secara urut dari bagian atas tubuh bayi yaitu area muka, telinga leher dan terus sampai ke bawah, utamakan daerah daerah lipatan leher, ketiak dan selangkangan. 

Tetaplah berhati hati karena bayi menjadi licin setelah diberi sabun, bilaslah sampai bersih lalu keringkan dengan menggunakan handuk bayi.

Memandikan Bayi Usia 3-6 Bulan

Bayi akan tumbuh berkembang seiring dengan usianya. Kamu bisa mengubah sedikit rutinitas mandi kepada mereka.

Membersihkan popok saat dia mnengompol dan buang air sebenarnya sudah cukup untuk membersihkannya. Namun kamu dapat memandikannya setiap hari.

Terlebih jika bayi mu menyukai air. Ini dapat memudahkanmu dalam memandikannya. Usia satu bulan pertama mungkin kamu masih mencari sabun yang tepat untuk kulit bayimu.

Namun dalam usia ini kebanyakan ibu telah menemukan sabun yang seusai denagn jenis kulitnya, ini juga disebabkan karena kulit bayi sudah tidak terlalu keing dan mengelupas.

Setelah mandi kamu dapat melembabkan kulit baymu dengan lotion lembut, bebas pewangi dan pewarna serta berikan dia cologne atau wewangian agar dia lebih segar dalam menjalani harinya.

Cara Memandikan Bayi Usia 6-12 Bulan

Pada usia ini bayi sudah banyak melakukan gerakan, serta bayi sudah memulai untuk makan atau sering disebut Mpasi (Makanan Pendukung ASI), anda dapat memandikannya lebih sering.

Mandi juga merupakan cara terbaik sebelum tidur, bayi akan merasa segar sehingga dia akan terlelap saat tidur nanti.

Memandikan bayi saat malam hari bisa anda lakukan, saat bayi merengek dan menangis tanpa sebab mungkin dia merasa gerah, inilah pilihan terbaik untuk menenangkannya sebelum dia tertidur.

Kamu bisa jadikan ini sebagai tambahan rutinitas malam untuknya. Sebenarnya bayi tidak perlu mandi sesring orang dewasa. 

Tidak terlalu sering memandikannya juga dapat menghindari dari kekeringan kulit pada bayi, terlebih penyakit kuit seperti eksim.

Setelah anda mengangkat anak anda dari bak mandi, tepuk tepuk tubuhnya menggunakan handuk hingga kering sebelum mengoleskan pelembab dan segera balut dia dnegan handuk.

Namun jika muncul penyakit kulit pada anak anda, pastikan pemilihan sabun yang tepat jika kondisinya semakin memburuk bawalah dia ke dokter anak.

Tips Memandikan bayi dengan mudah dan efektif


Memandikan bayi adalah proses yang rumit. Saat kamu membersihkannya pastikan bayi merasa nyaman dan rileks.  Berikut tips agar proses mandi menjadi mudah :

1. Mulai dari atas lalu kebawah

Saat memandikan bayi mulailah dari atas yaitu mencuci rambutnya dengan shampo bayi kemudian bershkan wajah si kecil. Setelah itu gunakan waslap untuk membersihkan terus kebawah lalu bilas dengan air bersih.

2. Fokus Daerah Lipatan

Bayi akan memiliki lipatan di sepanjang paha, leher dan pergelangan tangan. Banyak bakteri tersimpan dalam lipatan ini, saat memandikannya fokuslah membersihkan daerah lipatan ini secara menyeluruh. Karena jika area ini tidak dibersihkan secara teratur akan membuat kulit bayi menjadi ruam dan masalah kulit lainnya.

3. Jangan Lupakan Tangan dan Kaki

Bayi memiliki kebiasaan menghisap tanagn dan kakinya. Bersihkan bagian ini dengan cara merentangkan jari tangan dan kakinya mereka denagn lembut. Bersihkan menyeluruh dan bilas dengan air bersih.

4. Gunakan Produk Mandi Bayi Yang Aman

Saat kamu memilih produk bayi pastikan produk tersebut aman untuknya. Pemilihan sabun, shampo dan lotion yang kamu gunakan bebas pewarna dan pewangi.

Mennggunakan sabun yang terlalu banyak berbusa akan mebuat kulit bayi anda kering, lebih baik menghidari ini.

Apapun yang kamu pilih pastikan yang terbaik dan konsisten artinya tidak mengganti ganti dengan mencoba produk baru. Karena bayi anda bukan untuk coba coba.

Ingat untuk tidak pernah meninggalkan bayi anda sendirian didalam bak mandi tnapa pengawasan meskipun itu hanya sebentar. Karena rasa ingin tahu yang besar dimilikinya mencoba hal hal baru.

Semoga artikel ini bermanfaat , dan mmebantumu menemukan bagaimana cara memandikan bayi dengan mudah.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memandikan Bayi Dengan Mudah"