Cara Melembutkan Rambut Agar Halus dan Indah

Rambut adalah mahkota bagi kebanyakan kaum hawa di dunia ini, tentunya untuk menjaga serta merawatnya perlu cara melembutkan rambut yang benar agar halus dan indah.

Rambut yang lembut serta berkilau merupakan idaman semua wanita, terutama kamu yang memiliki masalah rambut.

Sering berganti warna rambut, dan gaya hidup yang tidak dibarengi dengan perawatannya menjadi sebab utama kerusakan pada rambut.

Cara Melembutkan Rambut

Sejalan berkembangnya waktu, minyak pada rambut akan mengelupas membuat rambut kering, megembang bahkan kasar jika tidak dibarengi dengan perawatan. Cara melembutkan rambut agar mudah diatur akan membantumu mengatasi masalah ini. 

Banyak cara membuat rambut halus dan tidak kering dengan perawatan rumahan, yang dibutuhkan hanyalah kombinasi bahan pelembab dan menanamkan kebiasaan perawatan rambut sehat.

Cara Melembutkan Rambut Agar Halus

Banyak orang menggunakan produk melembutkan rambut, namun sebelumnya perhatikan langkah langkah berikut yang bisa kamu tambahkan kedalam keseharianmu :

1. Mengetahui Jenis Rambut

Hal utama yang diperhatikan adalah jenis rambut anda. Cara melembutkan rambut yang kasar seperti sapu ijuk tentunya berbeda dengan tipe rambut lainnya.

Seperti rambut lurus biasanya tidak membutuhkan banyak minyak dibandingkan jenis rambut keriting, hal ini disebabkan karena semakin rambut anda lurus maka minyak alami yang dikeluarkan dari kulit kepala akan semakin bergerak mudah melalu kutikula.

2. Minyak Kelapa

Salah satu jenis minyak yang sering digunakan dalam hal kecantikan, banyak penelitian membuktikan bahwasanya minyak kelapa dapat mengatasi jenis rambut kering dan kasar, yang akan memberi manfaat kelembutan yang optimal.

Minyak kelapa mampu meresap kedalam kulit rambut bahkan kedalam batang rambut. Anda dapat menggunakan secara langsung minyak kelapa ini ataupun bagi kamu yang tidak mau ribet dapat mencari produk rambut yang didalamnya terdapat bahan ini.

3. Minyak Zaitun

Merupakan jenis minyak yang juga sering digunakan oleh pakar penelitian untuk kecantikan wanita. Minyak ini tidak hanya dapat diaplikasikan kedalam wajah saja tapi dapat digunakan untuk perawatan rambut.

Kandungan minyak didalamnya berfungsi sebagai penahan air yang dapat mencegah molekul air meregang yang dapat merusak kutikula sehingga rambut tetap memiliki kandungan minyak.

Jangan gunakan terlalu banyak untuk mengindari rambut menjadi berminyak, gunakan sedikit saja dengan cara mengoleskan secara tipis di ujung rambut.

4.Keramas Secara Teratur

Mencuci rambut atau disebut dengan keramas dapat membersihkan rambut anda dari kotoran.serta debu yang dapat merusak rambut anda.

Keramas secara teratur dengan menghindari air panas yang dapat membuat rambut menjadi kering, gunakan air hangat setelah selesai bilaslah dengan air dingin, ini dapat membantu menjaga kelembaban rambut tanpa menghilangkan kandungan produk shampo yang anda gunakan.

Jika kamu mempunyai masalah rambut berminyak, Anda dapat mencuci rambut, dengan cara memberikan shampo hanya dikulit kepala saja, ini akan membantu mengurangi minyak berlebih di kepala anda.

5. Menggunakan alat pengering rambut secara tepat.

Cara Melembutkan Rambut

Alat pengering rambut yang sering digunakan secara mudah agar rambut segera kering, dikarenakan aktivitasmu yang terlalu padat dan tidak mau berlama alam dengan rambut basah.

Namun energi panas yang dihasilkan dari alat ini dalam jangka panjang dapat merusak rambut, menjadikan rambut rusak dan mudah patah. 

Jadi sebelum menggunakan alat ini, pastikan kamu telah menggunakan handuk untuk membantu sedikit mengeringkannya, sisanya barulah kamu pakali alat ini.

Tentunya kamu harus memperhatikan pula tingkat panas yang dihasilkan, gunakan pengaturan pemanas yang serendah mungkin. Dan jangan gunakan setiap hari.

6. Gaya Rambut

Menggunakan aksesoris berlebih pada rambut kenyataannya dapat merusaknya, hindari aksesoris yang berat.

Mengikat rambut terlalu kencang dengan menggunakan karet gelang juga dapat merusak kutikula rambut sehingga rambut akan mudah rontok dan juga kering.

7. Perawatan Rambut 

Ada sebagian orang yang rela berlama lama bahkan merogoh kantongnya demi perawatan rambut di salon yang tentunya ditangani ahlinya. Bukan masalah uang, kenyataannya terlalu sering melakukan perawatan rambut akan membuat anda ketagihan. 

Perawatan di salon menghasilkan rambut indah dan berkilau, namun ini hanya bersifat sementara karena produk yang dipakai banyak mengandung bahan kimia.

Jadi lebih optimal jika perawatan rambut dilakukan dirumah dalam jangka waktu teratur.

Butuh waktu untuk dapat menemukan produk rambut yang dijual dipasaran yang cocok dengan jenis rambut milikmu, perawatan diatas dapat membantumu melembutkan rambutmu.

Meskipun minyak dapat langsung melembutkan namun efeknya juga akan hilang setelah beberapa hari dan kamu perlu mengoleskannya kembali.

Jika cara melembutkan rambut agar halus dan indah diatas sudah kamu coba dan rambut mu tetap sangat kering, segera periksakan kondisinya ke dokter anda.

Kekeringan yang terlalu parah tidak dapat pulih sendiri dengan kebiasaan  diatas karena kondisi medis yang mendasarinya misal seperti kekurangan nutrisi.

Tidak ada komentar untuk "Cara Melembutkan Rambut Agar Halus dan Indah"