6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Terdapat banyak cara dalam menjaga kesehatan jantung, mulai dari yang kompleks hingga cara sederhana yang mudah diikuti atau diterapkan.

Agar jantung sehat kembali diperlukan langkah tepat dan rutin ketika melakukannya, tidak perlu terburu - buru dengan hasil instan, karena proses selalu menentukan segalanya.

cara sederhana menjaga kesehatan jantung


Cara menjaga kesehatan jantung agar tetap tetap sehat dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana berikut yang telah kami rangkum dari WebMD yang merupakan situs kesehatan dunia ternama.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan jantung yang tepat ?

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung antara lain adalah :

Luangkan Waktu Untuk Bermain

Orang dewasa setidaknya memerlukan olahraga kurang lebih selama 30 menit setiap hari untuk kesehatan jantung.

Cara melakukannya dengan sederhana adalah dengan menjadikan olahraga sebagai waktu bermain, dengan cara ini kita dapat lebih mungkin menyelesaikannya.

Seperti bermain sepakbola ringan dengan cucu atau anak kecil, mengajak peliharaan jalan - jalan, pergi jalan - jalan ke mall.

Lakukan setidaknya 30 menit setiap hari, seperti kata Susan Moores RD, MS, dari Academy of nutrition and dietetics " Orang - orang harus meningkatkan detak jantung mereka sehingga mereka agak terengah-engah, tetapi masih bisa melanjutkan pembicaraan.

Menambah Aturan Makan

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menerapkan beberapa aturan terkait makanan yang wajib dimakan dan makanan yang harus dihindari.

Kita dapat menambah peraturan makanan menjaga kesehatan jantung dengan :
  • Membatasi Lemak Buruk : Mulailah beralih ke daging dan susu rendah lemak, ganti lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola. Dengan makan sedikit lemak jenuh, kita dapat mengurai risiko masalah jantung hingga setengahnya.
  • Kurangi Garam : Masak tanpa garam hingga batasi masakan olahan. Hal ini bertujuan untuk menurunkan sodium yang kita makan hingga 1.500 miligram, yang merupakan batas harian agar jantung tetap sehat.
  • Makan Sayuran Dan Buah : Dengan memakan sayuran dan buah setiap hari, kita mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Juga terdapat manfaat lain seperti menurunkan berat badan dengan sehat dan alami dengan cara membuat kita tetap kenyang.
  • Whole Grain : Produk olahan biji - bijian ini sedang naik daun, karena memang dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta mampu mencegah diabetes tipe 2. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk kesehatan jantung serta terhindar dari penyakit kronis.

Mengatasi Stress

Tanpa kita sadari stress juga merupakan penjahat yang berkaitan dengan kesehatan jantung, yang juga berdampak pada anggota tubuh lainnya.

Pastikan untuk tetap bersantai serileks mungkin untuk menjaga pikiran tetap sehat dan tidak terbebani oleh pekerjaan ataupun hal lainnya.

Kita dapat membaringkan tubuh dengan menjauh dari komputer, handphone, atau gangguan lainnya untuk mengisi ulang energi serta ketenangan pikiran.

Berat Badan Yang Sehat

Menambah berat badan merupakan ancaman terburuk mengingat saat ini tersedia banyak makanan yang instan dan murah penuh kolesterol atau lemak jahat.

Karena obesitas umumnya meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, tekanan darah tingga, hingga penyakit kronis lainnya.

Untuk mencapai berat badan ideal, kita dapat menerapkan cara cepat menurunkan berat badan dengan menerapkan makanan sehat penuh protein, mengurangi karbohidrat.

Temukan Cara Terbaik Untuk Berhenti Merokok

Seperti yang sudah kita tahu banyak lebih banyak akibat buruk yang ditimbulkan dari merokok daripada kesehatan yang didapatkan.

Tidak ada cara terbaik untuk berhenti merokok selain dari kemauan pribadi yang berkomitmen tidak akan merokok lagi.

Karena rokok erat sekali kaitannya dengan peningkatan risiko kanker, penyakit paru - paru, serangan jantung.

Rutin Melakukan Check Up

Cara menjaga kesehatan jantung yang terakhir adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan jantung ke dokter atau spesialis jantung.

Hal ini berguna untuk mengetahui secara langsung bagaimana kondisi jantung kita melalui serangkaian prosedur pemeriksaan atau check lab.

Dengan begitu kita akan mendapat saran dari dokter terkait bagaimana menjaga kesehatan jantung yang tepat dan apa yang harus dihindari secara langsung.

Itulah cara sederhana dalam menjaga kesehatan jantung dengan menjaga pola hidup sehat serta olahraga untuk jantung yang tepat agar terbebas dari penyakit jantung.

Tidak ada komentar untuk "6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung"