25 Tips Menurunkan Berat Badan Yang Telah Terbukti

Sebelum mencari metode diet yang tepat, ada baiknya kita meneliti terlebih dahulu tips menurunkan berat badan berikut yang telah terbukti kebenerannya melalui menelitian.

Semua tips dibawah ini telah menunjukkan kebenarannya melalui serangkaian penelitian yang telah dilakukan oleh https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov yang merupakan situs resmi atau perpustakaan mengenai penelitian dan dipublikasikan kembali oleh healthline.

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu bukanlah suatu hal yang mustahil apabila mengikuti instruksi dan menjalankan metodenya dengan benar.

Tips Diet Sehat


Bahkan tanpa olahragapun kita juga dapat menurunkan berat badan dengan hanya mengandalkan makanan yang kita makan untuk mengurangi karbohidrat.

Makanan untuk menurunkan berat memang haruslah diperhatikan mengingat makanan yang tidak sehat seringkali menjadi alasan orang mengalami penambahan berat badan.

Tips Menurunkan Berat Badan

Mengelola makanan apa yang akan kita makan merupakan solusi yang tepat untuk mulai menurunkan berat badan dan menjalani gaya hidup sehat.

Terlebih tips berikut ini juga dapat diterapkan bahkah saat puasa sekalipun karena memang cara ampuh menurunkan badan tanpa olahraga adalah dengan mengurangi makanan tidak sehat.

1. Minum Air Putih Sebelum Makan

Air putih merupakan cara yang paling mudah untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga karena kita hanya cukup minum air 30 menit sebelum makan.

selain itu minum air putih yang sehat dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30% selama 1 jam, sehingga memungkinkan kita membakar kalori lebih banyak.

Satu studi yang telah terbukti kebenarannya adalah minum setengah liter air putih setengah jam sebelum makan membantu kita untuk makan lebih sedikit dan kehilangan 44% lebih banyak berat badan dalam jangka waktu yang panjang dibandingkan mereka yang tidak minum air putih.

2. Makan Telur Untuk Sarapan

Makan telur utuh dapat memiliki segala macam manfaat, termasuk membantu dalam menurunkan berat badan.

Dengan mengganti sarapan berbasis biji-bijian dengan telur dapat membantu kita makan lebih sedikit kalori selama 36 jam kedepan, sehingga hal ini dapat membantu menurunkan lebih banyak berat badan dan lemak dalam tubuh.

Kita tidak perlu khawatir terhadap isu bahwa mengkonsumsi telur setiap hari akan berbahaya bagi jantung, namun kenyataan itu adalah berita HOAX. jangan takut mengkomsumsi telur setiap hari, bahkan jika perlu mengkonsumsi 2 telur setiap pagi untuk sarapan memiliki efek yang bermanfaat bagi tubuh.

3. Minum Kopi

Saat ini kopi telah didemonstrasikan secara tidak adil. Kopi yang berkualitas memiliki kandungan aktioksidan dan juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dalam studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11% dan meningkatkan pembakaran lemak.

Pastikan untuk tidak menambahkan banyak gula atau bahan berkalori tinggi lainnya, karena dapat meniadakan sepenuhnya manfaat yang terkandung.

Namun perlu juga untuk memperhatikan kopi yang akan dikonsumsi, sebaiknya gunakan kopi yang secara signifikan dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan seperti kopi hijau,dll.

4. Minum Teh Hijau

Seperti halnya kopi, teh hijau juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah penurunan berat badan secara alami.

Meskipun teh hijau mengandung sedikit kafein, namun teh ini juga sarat dengan antioksidan yang kuat dan disebut degan katekin. Serat ini diyakini bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan pembakaran lemak.

Teh HIjau Untuk Diet


Saat ini teh hijau juga telah tersedia banyak dipasaran, bahkan di toko online. Baik itu sebagai minuman atau suplemen hasil ekstrak mempunyai manfaat yang sama dalam membantu menurunkan berat badan dengan alami tanpa olahraga.

5. Suplemen Glukomanan

Serat yang disebut glukomanan telah dikaitkan dengan penurunan berat badan dalam beberapa penelitian.

Jenis serat ini menyerap air dan berada dalam usus kita untun sementara waktu, sehingga memungkinkan kita merasa lebih kenyang dan membantu makan lebih sedikit kalori.

Studi yang telah dilakukan membuktikan bahwa mengkonsumsi glukomanan menurunkan sedikit banyak berat badan daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Suplemen ini juga tersedia dipasaran seperti toko vitamin ataupun apotek hingga toko online.

6. Mengurangi Gula

Menambah gula adalah salah satu bahan terburuk dalam diet modern. karena Kebanyakan orang mengkonsumsinya terlalu banyak.

Dalam salah satu studi menunjukkan bahwa gula ( seperti yang terkandung dalam sirup ) sangat terkait dengan peningkatan risiko obesitas serta kondisi yang dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe2 ataupun penyakit jantung.

Apabila kita ingin menurunkan berat badan, maka kita harus pintar dalam mengurangi konsumsi gula tambahan.

7. Makan Sedikit Karbohidrat

karbohidrat olahan termasuk gula dan biji-bijian yang telah dilepaskan dari bagian berserat dan bergizinya, ini yang termasuk roti putih dan pasta.

Dalam salah satu studi menunjukkan bahwa karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dengan cepat,  menyebabkan kelaparan, Mengidam,  dan  meningkatkan asupan makanan beberapa jam kemudian. Sehingga makan karbohidrat olahan sangat terkait dengan obesitas.

8. Lakukan Diet Rendah Karbohidrat

Apabila kita ingin mendapatkan semua manfaat dari pembatasan karbohidrat,  maka perlu melakukan dan  berkomitmen untuk diet rendah karbohidrat.

Diet Rendah Karbohidrat


Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa hal semacam itu dapat membantu kita menurunkan Dua sampai tiga kali lebih banyak berat daripada diet rendah lemak standar dan juga meningkatkan kesehatan kita.

9. Menggunakan Piring Yang Lebih Kecil

Menggunakan piring yang berukuran kecil telah terbukti membantu beberapa orang secara otomatis makan lebih sedikit kalori.

Hal ini mampu untuk menipu pikiran kita dengan sugesti walaupun kita sudah mengetahui tujuannya, tetapi kita akan tetap tersugesti dengang sendirinya.

10. Latihan Kontrol Porsi Atau Hitung Kalori

Menghitung kalori bisa sangat berguna,  kita hanya perlu mengontrol porsi  Apakah cukup makan atau kurang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyimpan buku harian makanan dapat membantu menurunkan berat badan.

Apapun yang meningkatkan kesadaran kita tentang apa yang kita makan, akan bermanfaat untuk kita kedepannya.

11. Simpan Makanan Sehat Di Sekitar Kita

Menjaga makanan sehat berada didekat kita dapat membantu mencegah kita makan sesuatu yang tidak sehat.

Makanan ringan yang mudah Dibawa Kemana saja dan mudah disiapkankan adalah buah-buahan utuh, yogurt atau telur rebus.

12. Suplemen Probiotik

Suplemen probiotik yang mengandung bakteri dari subfamili lactobacillus telah terbukti mengurangi massa lemak.

Diet Dengan Suplemen Probiotik


Namun hal yang sama tidak berlaku untuk semua spesies lactobacillus. Beberapa penelitian Telah menghubungkan bakteri L. Acidophilus dengan pertambahan berat badan.

Kita dapat berbelanja suplemen probiotik di banyak toko grosir, serta online..

13. Makan Makanan Pedas

Cabai mengandung capsaicin, senyawa pedas yang dapat meningkatkan metabolisme dan sedikit mengurangi nafsu makan.

Namun, orang dapat mengembangkan toleransi terhadap efek capsaicin dari waktu ke waktu, yang dapat membatasi efektivitas jangka panjang.

14. Lakukan Latihan Aerobik

Melakukan latihan aerobik atau kardio merupakan cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan fisik serta mental kita.

Latihan ini juga sangat efektif untuk menghilangkan lemak perut, lemak tidak sehat yang cenderung menumpuk di sekitar organ dan menyebabkan penyakit metabolisme.

15. Angkat Beban

Salah satu efek terburuk dari diet adalah cenderung menyebabkan kehilangan otot dan memperlambat metabolisme, yang sering disebut sebagai mode kelaparan.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan melakukan semacam latihan resistensi seperti mengangkat beban.

Karena dalam salah satu studi menunjukkan bahwa angkat berat dapat membantu menjaga metabolisme kita tetap tinggi dan mencegah kita kehilangan massa otot yang berharga.

16. Makan Lebih Banyak Serat

Serat merupakan hal yang sering direkomendasikan untuk menurunkan berat badan.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa serat, terutama serat kental dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu kita mengontrol berat badan dalam jangka waktu yang panjang.

17. Makan Lebih Banyak Sayuran Dan Buah

Sayuran dan buah-buahan memiliki beberapa sifat yang membuatnya efektif untuk menurunkan berat badan.

Buah dan sayuran an-nur dikit kalori tetapi banyak serat. kandungan airnya yang tinggi memberi kepadatan energi yang rendah, membuatnya sangat terisi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap orang yang makan sayur dan buah Kema biasanya cenderung lebih sedikit beratnya.

Makanan ini juga sangat bergizi, jadi mengkonsumsinya penting untuk kesehatan tubuh kita.

18. Tidur Nyenyak

Biasanya tidur sangat diremehkan, tetapi mungkin sama pentingnya dengan makan makanan sehat dan berolahraga.

Diet Dengan Cara Menjaga Kualitas Tidur


Studi menunjukkan bahwa kurang tidur adalah salah satu faktor risiko terkuat untuk obesitas, karena dikaitkan dengan 89% peningkatan risiko obesitas pada anak-anak dan 55% pada orang dewasa.

19. Kalahkan Ketergantungan Makanan

Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa 19,9% orang di Amerika ataupun Eropa apa memiliki kriteria kecanduan makanan.

Jika kita mengalami keinginan mengidam yang terlalu kuat dan sepertinya tidak bisa membatasi makan, tidak peduli seberapa keras kita mencoba, kita mungkin akan tetap menderita kecanduan.

Dalam hal ini, mencoba menurunkan berat badan tanpa terlebih dahulu memerangi kecanduan makanan adalah hal yang mustahil.

20. Makan Lebih Banyak Protein

Protein adalah nutrisi terpenting untuk menurunkan berat badan ini juga merupakan salah satu dari tiga cara tercepat dalam menurunan berat badan 5 kg dalam satu minggu.

Cukup menambahkan protein ke dalam diet kita adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menurunkan berat badan.

21. Suplemen Dengan Whey Protein

Jika kita kesulitan mendapatkan cukup protein dalam diet, mengkonsumsi suplemen seperti bubuk protein dapat membantu.

Mengganti sebagian kalori kita dengan protein whey dapat menyebabkan penurunan berat badan sekitar 8 kg seiring waktu sambil meningkatkan massa otot.

Protein whey tersedia di sebagian besar tubuh kesehatan dan online.

22. Menghindari Minuman Gula

Gula itu buruk, Tetapi gula dalam bentuk cair bahkan lebih buruk. kode menunjukkan bahwa kalori dari gula cair mungkin merupakan satu-satunya aspek yang paling menggemukkan dari diet modern.

Minuman yang dimaniskan dengan gula dikaitkan dengan peningkatan 60% risiko obesitas pada anak-anak untuk setiap penyajian harian.

Perlu diingat bahwa ini juga berlaku untuk jus buah yang mengandung jumlah gula yang sama dengan minuman ringan.

Makanlah buah utuh, tetapi tetap membatasinya dan hindari sebuah sama sekali.

23. Makan Makanan Tunggal Atau Whole Food

Jika kita ingin menjadi orang yang lebih ramping, lebih sehat, maka salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk diri sendiri adalah makan makanan yang terbuat dari bahan tunggal. 

Makanan-makanan ini secara alami terisi, dan sangat sulit untuk menambah berat badan jika sebagian besar diet kita didasarkan pada makanan tunggal disebut.

24. Jangan Diet, Sebaliknya Makan Makanan Sehat

Salah satu masalah terbesar dengan diet adalah mereka jarang bekerja dalam jangka waktu panjang.

Orang yang diet cenderung menambah berat badan dari waktu ke waktu dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet adalah prediktorr yang konsisten untuk kenaikan berat badan di masa depan.

Alih-alih melakukan diet, berfokuslah untuk memberi nutrisi pada tubuh kita daripada merampasnya. penurunan berat badan harus diikuti secara alami.

25. Kunyah Lebih Lambat

Otak kita mungkin perlu beberapa saat untuk memproses bahwa kita sudah cukup makan.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa mengunyah lebih lambat dapat membantu kita makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

Pertimbangkan juga untuk mengunyah makanan kita dengan lebih seksama karena dapat mengurangi asupan kalori saat makan.

Praktik mengunyah dengan lebih lambat ini adalah komponen dari pola makan yang penuh perhatian, yang bertujuan untuk membantu kita memperlambat asupan makanan dan memperhatikan setiap gigitan. 

Kesimpulan

Berbagai teknik dapat membantu tujuan penurunan berat badan kita. beberapa tips diatas murni diet, dengan melibatkan makan lebih banyak protein atau mengurangi gula tambahan.

Agar apa yang kita inginkan kan dapat terwujud, sebaiknya kalian Mengikuti tips menurunkan berat badan di atas yang telah terbukti kebenarannya.

Tidak ada komentar untuk "25 Tips Menurunkan Berat Badan Yang Telah Terbukti"