11 Cara Yang Terbukti Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga merupakan alternatif untuk sebagian orang yang ingin diet tetapi terlalu malas untuk menggerakkan tubuh.

Memang efeknya tidak sebanding apabila kita menjalankan program diet dibarengi dengan olahraga, namun ini juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan di rumah.

Diet Sehat tanpa olahraga


Selain itu, kita dapat menurunkan berat badan menggunakan metode ini tanpa khawatir harus minum obat penurun berat badan.

Yang cukup kita lakukan hanyalah mengikuti prosedur cara-cara dibawah ini dan menerapkannya dengan benar hingga hasilnya akan terlihat dalam seminggu.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Kunci metode ini adalah makanan untuk menurunkan berat badan yang dikelola dengan baik sebelum kita mengkonsumsinya.

Dengan memanfaatkan kandung yang terdapat dalam makanan tertentu, kita dapat menurunkan berat badan drastis secara alami dalam 1 minggu.

1. Kunyah Dengan Seksama Dan Pelan-Pelan

Otak kita memerlukan waktu untuk memproses apakah makanan yang kita konsumsi sudah cukup atau tidak.

Mengunyah makanan secara menyeluruh akan membuat kita makan lebih lambat. Hal ini berhubungan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan kepenuhan, dan ukuran porsi yang lebih kecil.

Seberapa cepat kita menyelesaikan makanan juga akan mempengaruhi berat badan kita, seperti penelitian yang telah dilakukan PubMed.Gov membuktikan bahwa pemakan yang lebih cepat memungkinkanya menambah berat badan daripada pemakan yang lebih lambat.

Selain itu, pemakan cepat juga lebih memungkin mengalami obesitas. Untuk membiasakan makan lebih lambat, ada baiknya kita menghitung berapa kali kita mengunyah setiap gigitan.
Ringkasan
Mengkonsumsi makanan secara perlahan dapat membantu merasa lebih kenyang dengan lebih sedikit kalori. Ini adalah cara mudah mencegah penambahan berat badan.

2. Menggunakan Piring Kecil Untuk Makanan Yang Tidak Sehat

Piring pada jaman saat ini lebih besar daripada piring yang tersedia pada jaman dulu.

Tentu saja tren ini berkontribusi pada kenaikan berat badan, karena menggunakan piring yang kecil dapat membantu kita makan lebih sedikit dengan membuat porsinya terlihat lebih besar.

Disisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat porsi tampah lebih kecil, menyebabkan kita menambah lebih banyak makanan.

Kita dapat memanfaatkan keuntungan sugesti pikiran ini untuk menyajikan makanan sehat piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil.
Ringkasan
Piring yang lebih kecil mampu menipu otak kita untuk berpikir bahwa kita telah makan lebih dari yang sebenarnya. Karena itu, kita harus pintar mengkonsumsi makanan tidak sehat dari piring yang lebih kecil sehingga menyebabkan kita makan lebih sedikit.

3. Makan Banyak Protein

Protein memiliki efek kuat terhadap nafsu makan. Ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori.

Hal ini dikarenakan protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk GHRELIN dan GLP-1.

Dalam penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% kalori membantu partisipan makan 441 kalori lebih dari per hari dan rata-rata kehilangan 11 pound selama 1 tahun, tanpa sengaja membatasi makanan apapun.

diet sehat tanpa olahraga


Oleh karena itu, saatnya kita beralih ke makanan yang kaya akan protein seperti telur, dll. Dengan memakan telur rebus untuk sarapan mampu membuat kita makan lebih sedikit kalori saat siang hari.

Beberapa contoh makanan kaya protein selain telur adalah dada ayam, ikan, yogurt, almond, dll.
Ringkasan
Menambahkan protein ke dalam program diet sehat mampu menurunkan berat badan bahkan tanpa olahraga.

4. Singkirkan Makanan Tidak Sehat Dari Penglihatan

Menyimpan dan menyingkirkan makanan yang tidak sehat. Apabila kita melihatnya besar kemungkinan bahwa akan meningkatkan rasa lapar dan menginginkannya sehingga menyebabkan kita makan lebih banyak.

Dalam satu studi terbaru menemukan bahwa makanan yang berkalori tinggi dan tersedia di dalam rumah membuat penghuninya lebih cenderung memiliki berat badan lebih daripada orang yang hanya membuat semangkuk buah terlihat.

Simpan makanan yang tidak sehat di dalam lemari atau lainnya yang tidak mudah terlihat oleh kita, sehingga tidak memungkinkan menarik perhatian kita, disisi lain jaga dan pertahankan makanan sehat di meja makan atau tempat yang mudah kita lihat.
Ringkasan
Jika kita menyimpan makanan tidak sehat dimeja, besar kemungkinan itu kan menarik perhatian kita dan membuat kita ingin memakannya. Lebih baik menjaga makanan sehat seperti buah-buahan atau sayuran dimeja makan setiap hari.

5. Makan Makanan Yang Kaya Serat

Memakan makanan yang kaya akan serat mampu membuat kita meningkatkan rasa kenyang dan mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama.

Dalam salah studi terkait jenis serat, menemukan bahwa serat kental sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Serat tersebut meningkatkan kepenuhan dan mengurangi asupan makanan.

Diet Sehat Tanpa Olahraga


Serat kental hanya dapat ditemui dalam makanan nabati seperti kacang, sereal gandum, kubis bressel, asparagus, jeruk, biji rami. selain itu suplemen penurun berat badan juga mempunyai kandungan serat kental yang tinggi seperti glukomanan.
Ringkasan
Serat kental membantu dalam mengurangi nafsu makan dan asupan makanan. Fungsi serat kental adalah memperlambat pencernaan.

6. Minum Air Putih Secara Teratur

Air minum dapat membantu kita makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan alami tanpa obat terutama apabila kita meminumnya sebelum makan.

Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa minum setengah liter air putih 30 menit sebelum makan mampu mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

Dalam penelitian tersebut, para peserta yang meminum air sebelum makan terbukti 44%  berhasil mengurangi berat badannya secara signifikan selama 12 minggu dibanding mereka yang tidak.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai mengganti minuman yang mengandung kalori seperti soda atau jus dengan air putih, mungkin kita akan mengalami efek yang lebih besar.
Ringkasan
Minum air putih 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat kita makan sedikit kalori.

7. Selalu Menyajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Ukuran porsi makanan dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan terkait jumlah yang disajikan.

Biasanya porsi yang lebih besar mendorong orang untuk makan lebih banyak dan seringkali dikaitkan dengan peningkatan berat badan hingga obesitas.

Satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa mangandakan ukuran makanan akan meningkatkan asupan kalori sebesar 30%

Sebaliknya, melayani diri kita sendiri dan membiasakan diri dengan porsi yang lebih kecil atau sedikit  mampu menekan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh secara signifikan.
Ringkasan
Ukuran porsi lebih besar seringkali dikait-kaitkan dengan peningkatan berat badan hingga obesitas yang mendorong orang dewasa atau anak-anak untuk makan lebih banyak.

8. Makan Tanpa Gangguan Elektronik

Memperhatikan apa yang kita dapat membantu kita mengontrol dan mengkonsumsi kalori yang lebih sedikit.

Biasanya orang akan makan sambil menonton TV ataupun lainnya yang berhubungan dengan elektronik, kemudian mereka lupa sudah berapa banyak mereka makan. Pada akhirnya ini membuat kita makan secara berlebihan.

Diet Sehat Tanpa Olahraga


Mungkin beberapa dari kita menyadari bahwa ini memang benar adanya, karena dengan adanya gangguan saat makan membuat kita lupa terhadap diri kita sendiri, sehingga memakan apa saja dan selalu merasa kurang.

Akibatnya mereka yang terganggu biasanya memakan 25% lebih banyak daripada mereka yang fokus dan tidak terganggu oleh elektronik.
Ringkasan
Orang yang makan dan melakukan sesuatu secara bersamaa biasanya memiliki kecenderungan makan lebih banyak, daripada mereka yang fokus makan dan tidak terganggu.

9. Kualitas Tidur Dan Menghindari Strees

Ketika sesuatu hal terjadi yang berhubungan dengan kesehatan, mereka biasanya mengabaikan tidur dan akhirnya mengalami strees.

Sebenarnya kedua hal tersebut memiliki efek yang kuat pada nafsu makan dan cenderung menambah berat badan.

Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan ( Leptin Dan Ghrelin ), Sedangkan hormon kartisol akan meningkat apabila kita mengalami strees.

Jangan menganggap bahwa orang yang kehilangan berat badannya secara cepat merupakan akibat dari strees. Hal itu tentu berhasil apabila kita mengalami strees akibat tidak punya uang dan banyak memiliki hutang yang pada akhirnya membuat kita makan saja sulit :v.

Memiliki hormon yang saling berfluktuasi dapat meningkatkan rasa lapar dan mengidam makanan yang tidak sehat.

Terlebih lagi, kurang tidur dan strees kronis seringkali dieratkan dengan risiko beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2 dan obesitas.
Ringkasan
Tidur yang buruk dan strees yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pengatur nafsu makan, hingga menyebabkan kita makan lebih banyak.

10. Menghindari Minuman Mengandung Gula

Menambah gula mungkin akan menjadi alasan terburuk satu-satunya dalam diet sehari-hari, karena sangat mudah untuk mengkonsumsi minuman manis yang mengandung banyak kalori.

Kelebihan kadar gula juga seringkali dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis lainnya selain dapat meningkatkan kegemukan.

Tinggalkan jauh-jauh minuman ini dari sekarang yang akan memberikan kita manfaat kesehatan dalam jangka panjang yang sangat besar. Namun juga perhatikan bahwa kita juga harus menghindari mengganti soda tersebut dengan jus buah, karena jus buah juga memiliki kandungan gula yang tinggi.

Minumen terbaik bagi tubuh adalah air putih, selain itu kita juga dapat menggantinya dengan teh hijau atau kopi.
Ringkasan
Minuman manis seringkali menjadi penyebab timbulnya penyakit kronis, karena kalori cair tidak dapat dikontrol layaknya kalori padat.

11. Menggunakan Piring Merah

Salah satu strategi yang mungkin belum pernah kalian semua bayangkan adalah menggunakan piring berwarna merah.

Penjelasannya mungkin warna merah seringkali mengaitkan atau mengingatkan kita terhadap sesuatu, seperti larangan, sinyal berhenti atau lainnya.

Namun bagi kalian yang menyukai warna merah kita dapat menggantinya dengan warna yang kita benci dan menaruh makan tidak sehat diatasnya.
Ringkasan
Piring merah dapat membantu kita makan lebih sedikit dengan cara memicu reaksi " berhenti atau larangan " pada otak, sehingga kita akan berpikir sejenak dan menghindarinya.

Kesimpulan

Banyak kebiasaan gaya hidup sederhana yang sebenarnya dapat membantu kita menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga atau minum obat - obatan lainnya.

Tentu kita dapat mencapai berat badan ideal tanpa harus melakukan diet ketat yang menyiksa, cukup ikuti instruksi diatas dan rasakan sendiri hasilnya.

Namun, mungkin lebih baik kita tidak mencoba cara diatas sekaligus. Lakukan satu hal terlebih dahulu hingga kita mulai terbiasa dengannya sebelum beralih ke hal lainnya.

Dengan mengikuti metode cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini dengan baik dan benar, niscaya kalian akan merasakan hasilnya sendiri.

karena semua studi ataupun penelitian yang tersebut dalam artikel diatas merupakan bukti nyata yang telah dilakukan oleh pubmed.ncbi.nlm.nih.gov ( National Library Of Medicine ).

Selain cara diatas, masih terdapat 3 cara cepat menurunkan berat badan yang sudah terbukti juga melalui penelitian.

Namun apabila kalian sudah pernah melakukan diet sehat tanpa olahraga namun berhenti ditengah proses, ada baiknya kalian terlebih dahulu membaca cara memotivasi diri menurunkan berat badan sebelum akhirnya memulai kembali rencana menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar untuk "11 Cara Yang Terbukti Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga"