Reaksi Cepat PEMKOT Solo Menetapkan KLB Corona

Reaksi cepat PEMKOT Surakarta dalam mencegah penyebaran virus corona dilakukan dengan menetapkan Kejadian Luar Biasa ( KLB) COVID-19 di solo.

penetapan KLB Virus Corona di surakarta


Hal ini dilakukan guna mencegah meluasnya virus tersebut, yang saat ini tengah menjadi pandemi global. Adapun surat tersebut telah di tetapkan pada jumat, 13 maret 2020.

Penetapan status KLB ini terkait dengan 2 pasien yang positif terinfeksi virus corona, yang diisolasi di RS. Dr Moewardi Solo, yang salah satunya meninggal dunia akibat kondisinya tak kunjung membaik.

Kasus ini merupakan yang pertama kalinya terjadi di Kota Surakarta, yang sebelumnya tidak ada pemberitaan terkait virus tersebut.

Awal Mula Penetapan KLB Virus Corona di Solo

Sebelum dinyatakan positif, kedua pasien sempat menghadiri seminar di bogor. Kemudian seusai seminar di bogor, keduanya mengeluh mengalami batuk, pilek, hingga demam.

Lantar mereka memeriksakan ke pelayanan kesehatan terdekat, namun 1 minggu kondisi kedua pasien tak kunjung membaik, hingga dirujuk ke RS Dr Moewardi Surakarta.

Tepatnya pada hari rabu,  11 Maret 2020 salah satu pasien meninggal dunia dan sudah dinyatakan positif virus corona.

Pemerintah saat ini tengah berupaya melacak riwayat kedua pasien guna menghindari penyebaran lebih luas, dan menetapkan standart operasional penanganan virus corona sesuai prosedur.

Dampak Kejadian Luar Biasa atau KLB di solo

Demi mengantisipasi virus corona, Wali kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo telah menetapkan KLB di solo. adapun penetapan KLB di solo berdampak pada hal berikut :

  • Sekolah SD, SMP sementara ini di liburkan 2 minggu mulai senin, 16  Maret 2020. Namun akan ada pemberitahuan lebih lanjut apabila penyebaran virus corona memburuk. Hal ini berdampak pada 97.000 siswa menurut data solopos
  • Penutupan stadion manahan solo, hal ini berdampak pada kegiatan olahraga rutin yang biasanya dilakukan warga solo entah pagi atau sore hari.
  • Destinasi dan transportasi pariwisata sementara di tutup.
  • Event - event dibatalkan atau ditunda, hal ini berdampak pada penyelenggara yang telah mempersiapkan secara matang namun harus ditunda atau dibatalkan demi keamanan warga solo.
Untuk sekarang, masih belum tersedia vaksin untuk virus corona. Oleh karena itu, kenali sedini mungkin gejala virus corona hingga pencegahnnya.

Dengan demikian, Kita sebagai bagian dari warga solo dan sekitarnya WAJIB menjaga bersama keamanan kota solo dari wabah ataupun ancaman kesehatan lainnya dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Solo.


Tidak ada komentar untuk "Reaksi Cepat PEMKOT Solo Menetapkan KLB Corona"